"no one is born a great cook, one learns by doing"

Selasa, 31 Desember 2013

Magic Pizza Ala Siwi Nona Tobeli ( Semua Bisa Bikin Pizza Dirumah )


Belakangan ini lagi heboh di beberapa grup makanan FB tentang pizza magicom, pertamanya aku bener bener nggak tertarik dan merasa itu maksa banget kok ada ya namanya bikin pizza pakek magicom, trus rasanya kayak gimana cobak? bener bener nggak kebayang.


Tapi melihat hasil dari ibu ibu di grup aku jadi penasaran juga. Ahirnya aku bikin juga sore tadi setelah bimbang beberapa saat, aku nyari nyari resepnya di google, dan aku modif sendiri disana sini, kadilah aku masak pizza tadi sore. Aku beneran shock, hasilnya lebih bagus dari yang kubayangkan. hehehehehe......., adikku nggak suka pizza yang tebel, dia pesen sama aku kalo ntar adonan rotinya dibikin tipis aja dan dibanyakin kejunya. Tuh orang nggak bisa bantuin karna lagi diperbudak tugas bahkan di ahir tahun ( derita anak teknik kali ya?, hahahaha.....). Pas adonan pertamaku jadi, adekku langsung kegirangan dan dia malah nyobain bikin adonan juga lupa sama tugasnya, hehehehehe.....



Saosnya sengaja aku bikin pake resepku sendiri, aku sesuaikan sama seleraku maksudnya. Rasanya enaaaakkkk banget pas dimakan, bukannya memuji masakan sendiri loh tapi kata yang pada nyobain gitu. Dan pas aku bilang itu dibuat dengan magicom, semua rata rata pada bilang WHAT???......, Padahal aku pake bahan bahan seadanya loh, pas belanja juga aku bahkan lupa beli kornet, hahahahaha rencananya aku mau bikin topping kornet gitu, untung dirumah masih ada sosis sapi sama sosis ayam, ya udah aku pake itu aja deh...., kejunya aku pake yang "quick melt kraft" karna aku nggak ada keju mozarella. Tapi rasanya enak koookkk,....bener ngggak bohong hehehehe, ini dia resepnya : 


Saos Pizza

Bahan:
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang.
  • 1 sdt merica bubul atau secukupnya
  • 1 buah tomat merah, buang isi dan potong kotak kotak
  • 1 batang daun bawang  potong halus, optional
  • 4 sdm saos tomat
  • 3 sdm saos cabai
  • gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan:
  1. Tumis bawang putih, bombay, dan merica sampai harum, kemudian masukan tomat.
  2. Masukkan saos tomat dan saos sambal bumbui dengan garam dan gula.
  3. Aduk, beri air sedikit, aduk sampai kental dan masukan daun bawang tunggu sampai matang. Sisihkan.
Topping:
  • Sosis diiris tipis
  • Keju parut »»» aku pakai keju kraft quick melt biar kejunya lumer.                                  (Toping bisa diganti sesuai selera)

Bahan Roti :

  • 150gr tpung terigu protein sedang
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 1/2 sdm fermipan
  • 1/2sdm minyak goreng
  • 1sdm margarin
  • air secukupnya
  • Sejumput gula dan garam
Cara:
  1. Campur tepung terigu, sejumput gula dan fermipan hingga rata.
  2. Masukkan telur yang telah dikocok lepas. Aduk rata.
  3. Tambahkan minyak goreng dan air secukupnya. Adoni sampai setengah kalis.
  4. Masukkan margarin & sejumput garam. Uleni kembali hingga benar-benar kalis elastis.
  5. Tutup adonan dg kain basah. diamkan 30mnit. (Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas) Setelah adonan mengembang, adonan siap ditata diwadah
  6. magicom yang sebelumnya oles margarin.
  7. Olesi atas adonan dengan saos, tata toping, kemudian masukan ke magicom. Selama 10 menit posisi magic com dalam keadaan cook selanjutnya 20 menit posisi warm
  8. Keluarkan pizza yang sudah matang. Siap disajikan dengan saos sambal dan saos tomat



Jadi buat kalian yang anak kos, atau ibu muda yang belum punya peralatan lengkap memasak, bisa kok bikin pizza sendiri dirumah, rasanya nggak beda jauh sama pizza yang di bake atau di oven. Bikinnya simpel banget banget bangeeettttt, dijamin nggak nyesel kok kalo bikin, malahan ketagihan, lumayan kan daripada beli heheheheh......,trust me..


20 komentar:

Ronggo Warsito mengatakan...

aku ga percoyo yen blm dibikinin :p

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

heeehhhhh kamu i selalu nggak percoyo, hemmm maino tempatku tak bikinke, la salahmu pengen og gak moro, hehehehehehhe

riana dewi mengatakan...

Mba Siwi.. adonan roti pizzanya bisa dsimpan di kulkas untuk dipake keesokan harinya gak ya?. magicomku ukuran kecil, biasanya kujadiin 2 pizza. Kalo 1 pizza ketebelan. Baru bikin 1 pizza udah kenyang :). Sisa adonan biar buat besok aja. Kalo bisa, sebaiknya dibiarkan adonan begitu aja (mentah) atau dimasak di magicom (tanpa topping) dulu baru dimasukin kulkas? Thank youu..

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

maaf baru balas, adonan dough mentahnya bisa disimpan di kulkas dengan ditutup plastik kedap udara, kalau mau dipakai esok harinya tinggal didiamkan di suhu ruang, dan biarkan dia mengembang kembali :) , tapi kalau sudah dikeluarkan dari kulkas dan didiamkan di suhu ruang, nggak bisa disimpan di kulkas lagi , semoga bermanfaat

riana dewi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
riana dewi mengatakan...

Thanks mba Siwi.. jd ketagihan bikin pizza nih.. bisa sebanyak2nya ngasih topping sesuai selera..btw aku posting hasil pizzaku di salahsatu grup FB ternyata banyak member lain yg respon..aku share link pizzanya mba siwi ini utk resep dan cara bikinnya. Boleh kan?

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

Boleh sekali mbak riana dewi, terimakasih dah sertakan link sumber resepnya yaa ^-^ , senang sekali resep pizzanya bermanfaat dan disukai, sering sering mampir di blog saya ya mbaa :) ..... , hehehehehe....,

Elra mengatakan...

makasih mbak atas resepnya. udah dicoba rasanya enak jadi skrang bisa bikin pizza sndiri drumah. skli lg mksh mbak tobeli :)

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

Sama sama, senang sekali resep pizza nya dsukai, bikin pizza mudah sekali kan, ? Silahkan mencoba resep pizza yg lain ya



bakul nomer mengatakan...

pesan antar iso po ra wi hihi kirim nyang bogor

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

hahahahah....,pesan antar????? wani pirooo?????

May Umay mengatakan...

mbak, kalo fermipan'a diganti soda kue atw baking powder, bisa gak?

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

untuk fermipan (yeast) nggak bisa diganti soda kue atau baking powder, karena beda fungsi mbak, meskipun sama sama pengembang. Kalau diganti merk lain bisa, asalkan tetep sama sama ragi instan (untuk roti) bisa di beli di toko2 bahan makanan ^-^

Dewi maharani putri mengatakan...

Waah... patut dicoba nih mba... semoga berhasil .. :)

Elrossam mengatakan...

salam kenal mbak tobeli~ ^^
pizzanya sudah dieksekusi dan berhasil >_<

http://elrossam.blogspot.com/2014/10/cook-pizza-on-rice-cooker.html

terima kasih resepnya :)

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

okay semoga berhasil yaaaaa, pasti bisa kok, semangat

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

waaa selamat yaa senang sekali pizza nya sukses, ^-^

Asri Kusuma Wardani mengatakan...

mbak siwi mau nanya itu margarin yg buat adonan rotinya dicairin dulu apa engga?

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

untuk margarin tidak perlu di cairin dulu mba,

Dessi Napitupulu mengatakan...

Mbak. Ini makan biaya total kira2 berapa ya

Posting Komentar