"no one is born a great cook, one learns by doing"

Kamis, 12 Desember 2013

Nasi Ayam - Chicken Rice Bowl



Pagi ini aku bikin chicken rice bowl, atau nasi ayam. Bukan sekedar nasi sama ayam goreng loh, tapi nasinya dimasak sama bumbu - bumbu dan kaldu ayam. Resep ini sebenernya aku dapet dulu dari kakak sepupu aku yang tinggal di Batam, dia bilang kalau suka bikin menu ini dirumah karna anak anaknya suka. Tapi aku dah lupa resepnya aku taruh dimana, kalau nggak salah malah lupa aku save, soalnya waktu itu cuma lewat BBM aja sih, pas aku minta resep masakan olahan nasi, tapi tetep nggak kubikin juga, habis males, waktu itu masih aktif kuliah soalnya.


Aku nggak sengaja baca buku catetan adekku, isinya tuh resep masakan yang mau dia masak, biasanya dia tulis disitu, hasil dia cari di internet ataupun tanya tanya ke ibuku, resep yang paling sederhanapun dia tulis juga. Dari semur, opor ayam, sampai resep kue kering juga dia tulis disitu. Aku pernah bilang, ngapain juga resep kayak gitu ditulis juga, toh kamu dah bisa masaknya, tapi dia bilang takut ada yang kelupaan atau takarannya nggak pas. Itu dia bedanya aku sama dia, adikku itu teliti banget termasuk dalam urusan resep masakan sekalipun. Nah ada untungnya juga tuh dia nulis nulis di buku ini, ternyata ada resep nasi ayam yang waktu itu dikasih kakakku nyelip disitu.hehehehe......, ahirnya pagi itu aku bikin nasi ayam juga, ini dia resepnyaa :

Bahan bahan :
  • 3 cup kecil beras (2 cup besar), cuci bersih
  • 500 gr ayam, bagian dada dan tanpa kulit
  • 1 ruas jahe, potong kira kira 2 cm
  • 1 batang serai
  • 1 helai daun pandan
  • 2 siung bawang putih, digeprak kasar
  • 1 sdm minyak wijen ( aku skip karna aku nggak suka aromanya)
  • Lada dan garam secukupnya
Bumbu halus :
  • 3 siung  bawang putih 
Bahan Sambal :
  • 6 buah cabe merah keriting
  • 4 buah cabe rawit merah
  • 1/4 sdt parutan kulit jeruk limau
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt minyak wijen.
  • 1 buah jeruk nipis, potong potong ( optional )
  • lada, garam, dan air secukupnya.
Cara Pembuatan :
  1. Rebus ayam dengan serai, daun pandan, jahe, dan bawang geprek, bumbui dengan lada dan garam. Setelah ayam matang, angkat dan pisahkan dengan kuah kaldu.
  2. Tumis bawang putih dan beras hingga berwarna kekuningan, angkat dan sisihkan.
  3. Masak beras dengan menggunakan kuah kaldu ayam dengan serai, daun salam, jahe,dan minyak wijen, bumbui lagi dengan lada dan garam bila dirasa kurang rasa. Masak dengan menggunakan ricecooker hingga matang.
  4. Lumuri rebusan ayam dengan lada dan garam.
  5. Goreng ayam dengan minyak sedikit sampai berwarna kecoklatan lalu angkat.
  6. Haluskan semua bumbu sambal kecuali jeruk nipis, tambahkan sedikit air dan potongan jeruk nipis pada sambal yang telah halus, lalu rebus hingga air mengental dan angkat.
  7. Sajikan nasi bersama ayam, sambal dan kuah kaldu ayam yang panas.



Sebenernya  resep nasi ayam yang ada dibuku itu memang nggak lengkap, karena kakakku nggak kasih takaran secara rinci, resep yang aku share berdasarkan takaran yang aku masak hari ini, rasanya enak dan gurih, ayamnya memang hanya dibumbui lada dan garam supaya rasa tidak terlalu kuat bila dimakan bersama nasi karna nasi sudah berbumbu. Selamat mencoba nasi ayam bikinanku,jangan lupa pilih ayam yang tanpa lemak ya, supaya kuah kaldunya segar dan tidak eneg  saat dimakan bersama nasi, selain itu dapat pula dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet. ^-^






0 komentar:

Posting Komentar