"no one is born a great cook, one learns by doing"

Minggu, 22 Juni 2014

Bolu Kukus Coklat Mekar ( Tanpa Mixer )


Pernah terkena kutukan bolkus mingkem???...,aku pernah ,dan kurasa hampir semua orang juga pernah. Hari ini aku bikin bolu kukus coklat, biasa aja ya? ada kok bedanya, bolu kukus ini tanpa mixer, dan jujur ini eksperimen pertamaku bikin bolu kukus tanpa mixer, tanpa ngocok telur lama, dan woalaaaa hasilnya mekarr sempurna, hehehehe.....


Kenapa aku bikin bolu kukus ini? ceritanya temen aku si Meeta alias Katul, lagi demen demennya tuh belajar masak, minta resep bolu kukus mekar, yang nggak pake mixer, aku sendiri belum pernah bikin yang tanpa mixer, nggak kebayang deh,ngocok telur salah aja kadang bikin nggak mekar, apa lagi ini nggak di mixer pula, hehehhehe....


Nyari nyari di google kok kebanyakan,bolkus gula merah ya yang tanpa mixer, sedangkan jujur aja aku paling nggak suka rasa gula merah, kecuali dipake bumbu tertentu. Meeta juga nggak suka yang gula merah. Pikir punya pikir, ni pake resep muffin kira kira bisa nggak ya, kalo muffin kan nggak pakai mixer, nah ahirnya aku bikin resep seperti membuat muffin, dan kenapa aku pilih rasa coklat? alesannya karena nyaris semua orang suka coklat, dan minimal kalaupun dia nggak mekar, masih bisa dimakan dengan enak tanpa rasa amis telur ( aku kurang suka bolu kukus, karena kadang masih tercium bau telur ).Ok dan inilah resepnya, simpel aja kok, nggak ribet dan nggak capek hehehehe

Bahan 1, aduk rata:
  • 200 ml susu cair
  • 100 gr margarin, lelehkan
  • 1 butir telur, kocok lepas


Bahan 2, campur rata, ayak:
  • 200 gr gula pasir, blender halus
  • 200 gr terigu
  • 50 gr coklat bubuk kualitas baik
  • 50 gr chocochip,atau sesuai selera
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt vanili

Cara Pembuatan :

  1. Siapkan kukusan dengan api yang besar, alasi tutup dandang dengan kain, supaya air tidak menetes ke adonan nantinya .
  2. Tuangkan bahan 1 ke dalam bahan 2 ( selain chocochip ), aduk rata menggunakan baloon whisk, pastikan adonan tidak bergerindil.( tidak perlu terlalu lama, cukup asal rata aja )
  3. Campurkan sebagian chocochip kedalam adonan, aduk rata.
  4. Tuang adonan ke dalam cup, dan taburi dengan sisa chocochip diatasnya.
  5. Kukus selama 25-30 menit hingga matang,pastikan kukusan sudah benar benar panas dan mengeluarkan uap saat adonan masuk.

Aku mau sedikit memberi tips nih untuk sesama pemula seperti aku,yang masih sering terkena kutukan bolu kukus mingkem, hehehehe...., ini justru aku sadari waktu bikin bolu kukus fancy yang nggak boleh mekar itu. Kesalahan rata rata ada  pada proses pengukusan sebenernya,bukan di kesalahan adonan.Kalau bolu kukus mingkep proses pemasakan tidak boleh terlalu lama, dan api jangan terlalu besar. Kecuali aku memang waktu itu sengaja bikin bolkem yang munjung menul menul, makanya aku mengangkat tepat sebelum dia mekar dan menggunakan api besar di menit menit terahir ( jangan ditiru, ini sedikit berbahaya, karena kalau telat dia bisa ngakak alias mekar hehe ). Nah untuk bolu kukus mekar, kebalikannya. Api justru harus besar dan pastikan kukusan / dandang harus bener bener panas sampai mengeluarkan uap saat di buka.Proses pemasakan memang cukup lama, dan usahakan jangan membuka tutup kukusan, saat proses memasak.






Hasilnya seperti terlihat , mekar dengan cantiknya,dengan cara yang mudah dan singkat bisa kok bikin bolu kukus mekar yang enak.Rasanya memang coklat sekali ya, teksturnya lembuuuttt selembut kapas, beneran nggak bohong. hehehehe..., tadinya aku dah deg degan aja, takut teksturnya sepadat muffin, karena ini memang sebenernya resep yang bisa aku pakai buat muffin ya, bedanya ini dikukus sedang muffin di bake.Oh iya, untuk rasa bisa diganti kok kalau nggak suka coklat, skip bubuk coklatnya, ganti tepung terigu, dan setelah jadi adonan yang tercampur rata, bisa ditambah essense sesuai selera, atau diberi warna warna cantik lainnya.


Bikin bolu kukus mekar kesannya sepele ya, tapi sebenernya nggak mudah sama sekali loh, aku akui deh sebelum aku tau tipsnya, aku pernah terkena kutukan bolu kukus mingkep juga, sedihnya pas buka kukusan semua boluku mingkem, tapi sekarang nggak lagi.Karena itu semoga postinganku kali ini bermanfaat ya ^-^

0 komentar:

Posting Komentar