"no one is born a great cook, one learns by doing"

Selasa, 10 Juni 2014

Painting B'day Cake, For My Lovely Mom






Tanggal 6 juni kemarin ibuku ulang tahun yang ke 49, aku malah lupa kalau hari itu ibuku ultah, baru ngeh pas ibuku udate PM bbm katanya besok nambah usia, mungkin ibuku sengaja soalnya takut kita kita lupa, hehehehe..., maaf ya mam...




 Ngomongin ibuku, beliau adalah orang yang paling berjasa dalam sejarah hidupku, selalu mendampingiku disaat saat sulit, thanks ya mam selalu kasih aku yang terbaik. Masih ingat waktu kecil aku sering kecanduan menggambar dimanapun dan kapanpun, waktu TK sampai SD. hehehehe...., di kertas apapun, entah itu tugas kuliah ibuku sampai di buku agenda milik beliau. Aku suka bikin gambar sambil aku ceritain ngomong sendiri gitu. Nggak tau aneh memang kelakuanku waktu itu, tau tau ibuku ngomel aja karena semua kertas penuh gambar gambarku. Karena kesal atau apa waktu kelas 3 SD ibuku mulai mengikutkan aku lomba lomba menggambar, dan langsung dapat juara horaaayyy...., sejak itulah ibuku mulai tau memang kesenanganku menggambar ada manfaatnya juga. Ibuku juga mencarikanku tempat les menggambar yang bagus supaya aku bisa lebih mengenal berbagai teknik pewarnaan yang benar. Sejak itu, bisa dibilang aku sudah mulai serius, dari gambar aku mulai belajar melukis, ibuku dengan telaten disela sela kesibukan beliau masih mengutamakan kepentinganku, menemaniku les, mengantarkanku ikut lomba lomba sampai keluar kota, mengikutkanku di pameran pameran lukisan anak. Ah bener bener baru menyadari begitu besar perjuangan ibuku menjadikanku seperti sekarang, mam makasih banyak yaa..., huhuhuhu...., ibuku bahkan juga melengkapiku dengan alat alat gambar dengan kualitas yang baik kala itu. Teman temanku bilang aku anak mami, karena setiap tes aku selalu ditemani ibuku, mau tes masuk universitas, sidang TA, bahkan kemarin tes CPNS ibuku juga setia mendampingi, meski harus bolos kerja, dll. hehehe...., bukannya aku yang minta loh, tapi ibuku meyakini dengan adanya beliau itu disertai doa, supaya semua lancar, dan alhamdulillah selama ini begitulah adanya. I love you mam, semua yang kucapai saat ini, semoga bisa membuatmu bangga, meskipun aku belum bisa memberimu sesuatu yang berharga.


Ok sudah cukup ya cerita panjang lebar tentang aku dan ibuku, hehehehe..., kemarin di ulang tahun beliau aku ngga sempet bikinin kue, karena memang aku sedang sibuk dan nggak lagi dirumah, cuma ngucapin ulang tahun lewan BBM doang, tapi memang aku rencana kasih hadiah cake bikinanku sendiri. Ibuku sama sepertiku, sama sama suka sekali tas, kemarin aku ulang tahun beliau juga kasih aku hadiah tas, buat besok dipake kerja ( dan memang belum kupakai hehe ) , kepikiran sih pengen bikinin cake bentuk tas gitu, tapi kayaknya aku belum bisa deh, alat alat juga belum memadai, hehehehe....








Aku kepikiran bikin painting cake ini sebenernya bukan faktor kesengajaan loh, karena memang aku punya sisa fondant tinggal dikit, hehehehe.., kalo dibikin figur figur yang aneh aneh pasti nggak akan cukup deh, hehehehe..., sekalian aku pengen cobain melukis di fondant, dan ternyata menyenangkan, sedikit lebih mudah daripada melukis di kain sutra, seperti yang aku lakukan zaman kuliah dulu, hehehe....
 

Pengennya aku bikin lukisan ikan koi buat ibuku, karena memang beliau suka sekali sama lukisan ikan koi, udah minta dibikinin dari taun kapan, belum juga aku bikinin, hehehehe...., sebenernya aku dah bikin di canvas, tapi belum juga aku selesein sampai detik ini, nggak tau dari kapan. hihihihi....., kenapa nggak jadi?? karena medianya kecil sekali, jadi aku takut malah jelek nanti hasilnya, karena memang ini first time buat aku. 
 

Aku mutusin bikin kupu kupu sama bunga aja deh, biar kesannya feminim, dan seperti biasa nggak jauh jauh dari warna pink, karena adikku suka sekali warna pink, dan kue ini ada campur tangannya dia juga. Kesulitannya ada waktu melukisnya, aku harus sangat hati hati, karena memang medianya beda, kuas juga sebisa mungkin pilih yang selembut mungkin, karena takut menggores permukaan fondant karena dia sifatnya lunak kan.
 




Hasilnya seperti di atas, masih jauh dari sempurna dan itu aku fotoinnya waktu bener bener habis kulukis warnanya belum kering sebagian hehehe.., tapi aku dah berusaha memberi yang terbaik untuk ibu, berkat beliau juga aku mengenal melukis itu apa, memasak itu bagaimana, dll. Dah kehabisan kata but jelasin jasa buku deh hehehehe.....
Untuk cake nya aku pakai buttercake pandan, ibuku suka cake pandan gitu, semoga ibuku suka deh. Untuk cake aku nggak share resep ya kali ini, aku pakai resep buttercake standar aja, karena aku ingin focus ke paintingnya. Sedikit tips dari aku, sebaiknya gunakan pewarna makanan yang oilbase ya, jangan yang berbahan dasar air, karena fondant kalau kena air akan kurang bagus, dan sekali lagi kuas buat aku juga berpengaruh sama hasil lukisan, pilih yang bulu kuasnya bener bener lembut.
 

Ini adikku yang pengen ikut nampang, sebelum dia pulang kerumah mengantar cake ini, karena ada sesuatu hal, aku ngga bisa ikut pulang. Tapi udah dapet kabar sih, katanya ibuku suka sekali dengan cakenya, sayang mau dimakan katanya. Mau dimakannya besok pagi aja sambil minum teh sama bapakku katanya. hehehehe....., Senang karena ibuku sudah update status di sosmed bilang " makasih anakku sudah bikinin mamah kue yang cantik sekali " , selama ini kan ibuku kurang suka aku masak masak, karena cuma bikin gendut katanya.heheheh..., semoga dengan ini ibuku mendukung hobby memasakku deh, hihihihihi...., "happy birthday mam, sehat selalu dan semoga diberi umur panjang, Amin ^-^"

4 komentar:

Murlina Fitri mengatakan...

cantik sekali..

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

makasih mbak murlina fitri... ^-^

::Dapur Maya:: mengatakan...

Mbk,itu pewarnanya di campur bahan2 yg lain gak?atau pewarna aja...tks

Elis Gio mengatakan...

Cantik banget ya cakenya...

Posting Komentar