"no one is born a great cook, one learns by doing"

Selasa, 19 November 2013

Mie Dok Dok Pedas dikala hujan

Siapa sih yang nggak suka mie, dari anak kecil sampai orang dewasa pasti menggemari makanan pengganti nasi yang satu ini. Aku salah satu penggemar mie, berbagai olahan mie aku suka, pokoknya kalau lagi diet aku bisa tahan nggak makan nasi, tapi susah kalau harus nahan makan mie, heheheheh. Belakangan ini cuaca kan dingin banget, hujan dah mulai sering turun, paling enak makan makanan yang anget dan pedes. Mie dok dok tuh salah satu olahan mie yang enak banget dimakan saat hujan, hangat, mengenyangkan, dan pedaaaaasssss,..,^-^ kenapa disebut mie dok dok? mungkin karena penjual yang menjajakannya mendorong gerobak dagangannya sambil membunyikan suara "dok dok" untuk menarik perhatian pembeli. Selain dijual dengan gerobak keliling, mi dok dok juga bisa temui di warung warung burjo loh. Kurang jelas deh kenapa disebut demikian, pokoknya yang jelas rasanya enak gitu aja, hehehehe, intinya sih olahan mie yang berbahan dasar mie instan. Kemarin aku sama adiku masak mie dok dok pas dirumah lagi ujan deres banget, kami masak dengan cara masing masing, eh walaupun bahannya sama, ternyata rasanya beda loh, berikut aku bagiin kedua resepnya :

Mie Dok dok Ala Siwi


Bahan : 
  •  1 bungkus mi instan
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 siung bawang merah, iris tipis - tipis
  • 1 buah sosis ayam, potong - potong 
  •  2 helai sawi hijau potong - potong
  • 1 satu butir telur ayam
  • 1/2 buah tomat ukuran sedang
  • 4 buah cabe rawit, atau optional lah ya, sesuai selera bisa ditambahin atau dikurangi
  • 3 sendok makan saos cabe
  • 1 sendok makan kecap manis
  • minyak sayur untuk menumis
  • air secukupnya
  • lada gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan :
  1. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan telur ayam dan masak hingga telur menjadi telur orak arik kemudian tambahkan air, dan tunggu hingga air mendidih.
  2. Masukan mi instan kedalam air yang telah mendidih, tunggu hingga mi setengah matang, kemudiah tambahkan sosis, cabe yang telah dipotong - potong, sawi, dan tomat.
  3. Tambahkan saos cabe, kecap manis, dan bumbu mi instan. Bila kurang rasa, bisa tambahkan lada gula dan garam secukupnya.
  4. Angkat dan sajikan,enaaakkkk looo ^-^ .

Nah itu mi dok dok versi aku, nih dibawah ini aku cantumin juga resep ala adekku si Wenny, bahan - bahannya sama persis cuma cara bikinnya aja yang sedikit berbeda, ini dia resepnya

Mi Dok dok Ala Wenny

Bahan :
  •  1 bungkus mi instan
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 siung bawang merah, iris tipis - tipis
  • 1 buah sosis ayam, potong - potong 
  •  2 helai sawi hijau potong - potong
  • 1 satu butir telur ayam
  • 1/2 buah tomat ukuran sedang
  • 4 buah cabe rawit, atau optional lah ya, sesuai selera bisa ditambahin atau dikurangi
  • 3 sendok makan saos cabe
  • 1 sendok makan kecap manis
  • minyak sayur untuk menumis
  • air secukupnya
  • lada gula dan garam secukupnya
Cara Pembuatan :
  1. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum masukkan air dan tunggu hingga air mendidih.
  2. Masukkan mi instan, kemudian masukan telur dan aduk - aduk telur hingga telur hancur menyatu dengan mi dan air.
  3. Setelah mi setengah matang masukkan sosis, sawi, potongan cabe, dan tomat
  4. Tambahkan saos cabe, kecap manis, bumbu mi instan, dan tambahkan juga lada, gula, garam, bila diperlukan
  5. angkat dan sajikan.
Selamat mencoba dan pilih resep mana yang sesuai dengan selera kalian masing - masing. Sama - sama enak dan sama - sama mudah kok. Hanya bedanya kuah mi dok dok bikinan adikku lebih kental dan rasanya lebih creammy, karena telur menyatu dengan kuah mie. Mi dok dok jenis ini biasanya sama seperti yang kita temui di warung - warung burjo. Tapi bila yang lebih menyukai kuah mie dok dok dengan rasa yang lebih ringan silahkan coba resep  mie dok dok homade ala aku ^-^

2 komentar:

Heni Dhevhiyes mengatakan...

inget dulu bkin mi bgini berempat,,,
hehehe ^_^

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

hehehehehe heniirrrr miss youuuu, kangen kumpul berempat niiihhhh, masak bareng, makan bareng, kumpul kumpul bareeenggg.....

Posting Komentar