"no one is born a great cook, one learns by doing"

Rabu, 27 November 2013

Mie Kangkung Jamur


Pagi ini aku bikin mie kangkung jamur, resepnya aslinya pernah aku liat di tabloid Nova, tapi aku lupa edisi berapa, pokoknya dah lamaaaa banget jaman aku SMA mungkin ya, pokoknya dah lupa dah bertahun tahun lalu soalnya. Dulu aku pengen banget bikin, tapi nggak pernah jadi. Nah kemaren pas aku liat blog temenku si Amal ( Amal's Kitchen), dy bikin mie ayam gitu, aku jadi keinget deh resep mie masa lalu itu. Karna dah lama banget aku jadi lupa detail resepnya gimana, tapi tadi pagi aku coba deh ngeracik sendiri dari bumbu - bumbu yang aku inget, sama beberapa komponen ada yang aku gantiin, kek telur puyuh aku skip karena kalorinya wow banget, ni makanan dah bener - bener kuhindari banget kalo nggak badanku bisa makin mengerikan.hehehe, kugantiin sama jamur tiram. Ayamnya juga aku bumbuin, kalo cuma ayam rebus kan rasanya kurang enag kalo menurutku, hehehehe, tapi kalo yang lg diet atau nggak mau terlalu ribet, ayamnya direbus aja sesuai dengan resep aslinya. Nah ini dia resep mie kangkung jamur ala aku:

Bahan :
  • 250 gr mi telur yang dah di rebus hingga lunak ( atau pakai mi basah lebih bagus)
  • 100 gr daun kangkung
  • 200 gr jamur tiram suwir - suwir menjadi lebih kecil
  • 250 dada ayam, rebus dan potong - potong kecil.
  • 2 batang daun bawang, potong potong tipis
  • 750 kaldu ayam
  • mentega secukupnya untuk menumis
Bumbu  : 
  • ayam : 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sdt lada bubuk, 1 sdt saos tiram, 1 sdm mentega, garam, gula merah dan kecap manis secukupnya sesuai selera.
  • kuah kaldu : 4 buah bawang merah, 3 buah bawang putih, 1 sdm ebi (tumis sebentar sebelum dihaluskan), lada dan garam secukupnya.
  • jamur : 1/2 sdm bawang putih cincang, 1 sdt saos tiram, 2 sdm kecap manis, 1 sdt lada, gula dan garam secukupnya.
Cara Pembuatan :
  1. Jamur : tumis bawang putih cincang hingga harum, masukan jamur dan tambahkan sedikit air. Masukan kecap manis, gula, lada, garam dan saus tiram, masak hingga bumbu meresap dan air mengering.
  2. Ayam : rendam ayam dengan semua bumbu selama 10 menit, masukan rendaman ayam kedalam wajan dan tambahkan mentega, masak dengan api kecil. Tambahkan sedikit air dan tunggu hingga air menyusut sambil terus diaduk supaya ayam nggak gosong kemudian angkat (caranya mirip bikin ayam timlo solo di postingan sebelumnya ).
  3. Kuah : Tumis bumbu yang telah dihaluskan ( bawang merah, bawang putih, ebi) sampai harum, masukan kedalam kuah kaldu yang telah didihkan, tambahkan lada dan garam secukupnya.
  4. Masukan kangkung di air panas sebentar kemudiang angkat, dan siram dengan air dingin atau kalau perlu air es. Gunanya supaya kangkung masih tetap segar dan warnanya masih hijau, ini karena kangkung termasuk jenis sayuran yang mudah lunak dan mudah berubah warna.
  5. Susun, mi, kangkung, ayam, jamur, siram kuah kaldu, dan taburi dengan daun bawang.


Sekilas mirip dengan mi ayam yang biasa disajikan dengan sawi hijau bukan? tapi rasanya beda kok, terutama dibagian kuah kaldunya, karena ada rasa ebi yang cukup kuat disitu. Nah aroma ebi yang khas itu yang bikin mie ini cocok dimakan bersama kangkung, kalo nggak suka ebi, bisa di skip aja ebinya. Rasanya enak loh, selamat mencoba yaaa....






2 komentar:

dentistvschef mengatakan...

Aku suka mie kangkung, tp klo mamaku mienya dimasak langsung dengan kuahnya...
apalagi klo dikasih telur puyuh, lekker!

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

Kalo mie dimasak bareng kuah, rasa bumbu lebih meresap kali yah, lain kali qcoba deh, makasih ya infonya ^-^ ,......, iyaa bener banget kalo pake telur puyuh memang rasanya lebih enaaakkkk tapi aku nggak makan telur puyuh lagi c, jadi nggak pake,heheheh

Posting Komentar