"no one is born a great cook, one learns by doing"

Jumat, 22 November 2013

Sop Ayam Kentang

Saat flu selain badan nggak enak, indra perasa kita jadi nggak berfungsi dengan baik, nafsu makan juga hilang, pokoknya menyiksa banget deh. Flu itu penyakit sepele tapi cukup mengganggu juga. Belakangan ini aku sakit flu, pengennya cuma makan yang seger dan panas aja, karena lidah juga nggak bisa merasakan dengan baik. Makanya kemarin aku sempet masak makanan yang hangat dan seger waktu flu lagi parah - parahnya, aku bikin sop ayam dengan kentang goreng sebagai pengganti nasi. Sop ayam bikinanku mungkin sedikit berbeda dengan sop ayam biasanya, sop ayam buatanku kuahnya lebih kental, karna pas bikin kaldu ayamnya aku banyakin ayamnya dengan sedikit air, aku kurang suka makan sayur terutama ""wortel", aku paling nggak bisa makan sop yang aroma sayurnya kuat. Makanya tiap bikin sop ayam, aku selalu memperkuat rasa ayamnya, supaya aroma sayurnya sedikit tertutupi, ini salah satu caraku untuk mengkonsumsi sayur. hehehehehe



Bahan bahan:
  • 500 gr ayam
  • 100 gr kol
  • 1 buah wortel ukuran sedang, potong potong ( bisa ditambahin sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  •  1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1 batang seledri iris kecil
  • 1 batang daun bawang potong kecil kecil
  • 1 buah tomat potong potong
  •  lada, gula, garam secukupnya
  • air secukupnya
Pelengkap :
  • Kentang goreng
  • Sambal kecap
Cara Pembuatan :
  1. Rebus ayam dengan air secukupnya, kalau aku pakai sedikit air karena aku mau kuahnya lebih kental dan kaldu ayam lebih terasa, bila ingin kuah bening bisa tambahkan air lebih banyak sesuai selera.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, kemudian masukan tumisan kedalam air kaldu ayam
  3. Tunggu kaldu mendidih kemudian masukan wortel dan kol
  4. Masukan seledri, daun bawang, tomat, kemudian tambahkan lada, gula, dan garam secukupnya .
  5. Angkat dan sajikan dengan pelengkapnya.
Resep sop ayam buatanku memang minim sayuran, karena aku kurang suka aroma sayuran, kalau teman - teman ingin tambahkan lebih banyak sayur juga bisa, seperti kacang polong, brokoli, kapri, buncis,dll, selamat mencoba resep sup ayam sederhana ala aku yaaa, ^-^

0 komentar:

Posting Komentar