"no one is born a great cook, one learns by doing"

Jumat, 22 November 2013

Ayam Masak Madu

Masih dengan tema sakit FLU aku masak lagi nih, nggak tau apa cuma aku aja, atau kalian juga ya, kalo lagi flu kepengennya selain makanan yang panas dan seger juga makanan yang punya rasa kuat, entah itu rasa manis, pedes, atau asam. Pokoknya kalau makan yang biasa aja tuh rasanya hambar deh, mending nggak usah makan kan daripada makan makanan hambar.heheheheh....., kali ini aku masak ayam, tapi aku bikin rasanya pekat, aku bikin ayam masak madu.  Rasanya menurut aku enak, pas dimakan waktu kita lagi kehilangan  nafsu makan. Nah ini dia aku bagiin resepnya :


Bahan bahan:
  • 600 gr ayam potong kecil kecil
  • 1 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 100 ml air kaldu ayam
  • 1/4 sdt Lada bubuk
Bahan perendam ayam :
  • 3 siung bawang putih cincang
  •  2 - 3 sdm madu
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt jahe parut
  • 1- 2 sdm saos cabe, atau sesuai selera
Cara pembuatan :
  1. Lumuri ayam dengan bumbu perendam, marinade selama kurang lebih 15 - 20 menit
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum
  3. Masukkan ayam, tambahkan bumbu lain, tuang air kaldu, tunggu hingga ayam benar - benar lunak dan air kaldu menyusut. Masak dengan api kecil ya, karena madu sedikit mudah gosong bila dimasak dengan api yang terlalu besar.
  4. Setelah kaldu menyusut dan madu menjadi caramelised, segera angkat.

Enak bila dimakan dalam kondisi hangat bersama nasi, bisa ditambah potongan daun bawang bila suka untuk menambah rasa. Selamat mencobaaa ^-^

2 komentar:

Duryatin Amal mengatakan...

wah kita sehati loh wil, kemaren barusan masak ayam juga, tapi dibumbu teriyaki. Cepet sembuh ciwil :*

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

wew opo iya mall????hahahahah aq lg gag enag badan makane pengen mum yg berbumbu2 gityuuu,iya mal ni dah baikan kok

Posting Komentar