"no one is born a great cook, one learns by doing"

Selasa, 03 Juni 2014

Pinata Fashion B'day Cake, request Meeta ( Katul ) buat Mbak Mega


Ini cake terbagus yang pernah aku bikin? No, Ini cake terenak yang pernah aku bikin? bisa jadi, Ini cake hias tercepat yang pernah aku bikin?? YES , fiuhhhhh bener bener bikin jantung berdetak kencang nih bikin cake ini. Kenapa begitu?? ada ceritanya nih, hehehe...., ceritanya kemaren temenku si Meeta alias Katul ( temennya adekku sih lebih tepatnya ),bilang mendadak "mbak bikinin kue ulang tahun dung buat mbak mega (pacar kakaknya)" kujawab "hah buat kapan?" rabu katanya, ya udah lah aku sanggupin, masih sehari lagi.


Tadinya Meeta pengen cakenya bertema Smurf, karena mbak Meganya suka Smurf, tapi aku bilang, daripada Smurf mending tuh kasih aja cake tema fashion deh, kebetulan kan orangnya lumayan fashionista gitu.Dan lagi si mbak Meganya kan seumuran sama aku, jadi sedikit banyak aku tau lah selera dia.


Meeta pengen pinata cake pink ku yang pernah aku posting dulu, ya udah fix deh pinata cake,dengan tema fashion. Udah kebayang tuh cake begitu dipotong berhamburan permen coklat dan permen jelly ( aku ngga sebut merk ya untuk permen coklat dan jellynya, tapi aku pilih yang kwalitasnya bagus hehehehe )


Sebenernya buat bakulan kue yang udah mahir, kejadian kayak gini bener bener nothing special lah ya, tapi buat aku amatir yang memang ngga jualan ( baca belum berani ), jadi keribetan tersendiri, takut ngga jadi, takut ngga enak, kan ini buat hadiah ke seseorang.


letak tragedinya? ada. Kemarin aku dah belanja keperluan bikin cake ini, sekitar jam 4 sore aku nyampek rumah dan langsung tidur, lemes aja lagi bayar utang puasa, hehehehe. Aku pikir bikin cakenya ntar aja abis buka puasa,toh cake nya masih dipake nya besog pagi.Tapi apa yang terjadi?? Meeta dengan paniknya bilang " mbak, cakenya ntar bisa jadi kan ya?? jam setengah sepulum malem mau tak bawa jogja soalnya, buat surprise jam 00.00 " , WHAAAATTTTTTT....., mbok kira aku Tuhan mit??, aku kesal sih, tapi karena kasihan sama Meeta ya udah dengan keadaan super grubak grubuk,dan dibantu sana sini sama bala bantuan jadi juga tuh cake, berantakan?? yesss.hehehehe..., sebenernya ini first fashion cake buat aku, tapi aku ngga cerita ke Meeta, bisa makin panik dia kalau tau,takut cake nya jelek, dll, hehehehe....,buat figur fashionnya meeta ikutan bikin,katanya biar nanti kalau ditanya dia ikutan bikin, hehehehe...


Buat basecake nya aku pakai lapis surabaya ekonomis, yang aku liat dari blognya mbak Rika Oktianti " cetakan kue " . Cari resep yang termudah deh, karena emang waktunya ngga cukup bikin aneh aneh, dan yang penting rasanya enak lah.

Bahan:
6 btr telur
150 gr gula pasir
175 gr terigu kunci biru
30 g emulsifier
3 sdm susu bubuk
75 ml air
1/2 sdt BP
150 g mentega cair
1 sdm coklat pasta
1 sdm vanila pasta

Fillingnya sesuka kita. Bisa pake selai stoberi, selai nenas, selai bluberi, atau coklat. Aku pakai whipcream

Cara Membuat :
1. Panaskan oven dan siapkan 3 buah loyang ukuran diameter 20 cm, beri kertas roti dan oleskan margarin di sisinya.
2. Kocok telur, gula, terigu, emulsifier, BP, susu & air hingga kental. Masukkan mentega cair, aduk rata.
3. Bagi adonan menjadi 3 bagian, dua bagian dikasi pasta vanila, masukan ke loyang pertama dan kedua. Sisa adonannya diberi coklat pasta, masukan ke loyang ketiga.
4. Panggang dlm oven suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit hingga kecoklatan. Angkat & dinginkan.

Catatan: Jangan terlalu lama mengocok adonan karena akan mengakibatkan cake menjadi beremah dan permukaannnya bergelembung.

untuk butter cream aku pakai campuran mentega putih ( pilih kualitas baik ), whipecream bubuk yang dicampur air, susu kental manis dan simple sirup. Aku bilang resep buttercream ini enak dan aku suka.

Penyelesaian :

Tata tiap layer cake dan oles dengan whipecream tipis tipis aja, asal cake merekat, karena kalau terlalu tebal nanti pas kue dipotong jadi keliatan garis garis per layer cake nya. Jangan lupa lobangi cake di lapisan tengah, dan masukkan permen coklat kemudian tutup dengan cake lapisan terahir.



Aku bikin 2 jam dari proses awal sampai bikin figure fashionnya.Fiuuuhhhhhh...., ahirnya jadi jugak, jam sekitar jam 8 cake nya udah jadi. Meeta sempet nampang minta difoto tuh sebelum berangkat Jogja. Dan yang bikin lega pas Meeta bilang "mbak smua muji kue nya loh, katanya lucu terus rasanya enak banget", hehehehe....,cuma senyum senyum sendiri aku dengernya, terbayar deh capeknya. Bikin cake ini tuh kesenangan tersendiri lah buat aku, ingat jaman kuliah, hari hari bergaul sama dunia fashion di tiap tugasnya, walaupun sedih figure fashionnya jauh dari kata sempurna karna waktunya bener bener ngga cukup, dan jujur aja aku ngga ada peralatan khusus buat fondant, tapi berhasil juga bikin, meski tas hermes yang pengen aku bikin, gagal tercapai, karena keterbatasan waktu, hikshiks....Foto??? jangan ditanya deh, cake ini jadi aja dah syukur, malem malem, ngga bisa mengharap bisa dapetin foto bagus, yang penting ada dokumentasi aja lah yaa hehehehe....

0 komentar:

Posting Komentar