"no one is born a great cook, one learns by doing"

Sabtu, 14 Desember 2013

Puding Susu Mangga - Mango Custard


Aku tuh baru menyadari kalo postingan blog aku jarang banget bikin masakan yang manis manis. Baru kemaren temen aku si Yuli bilang, mbok ya sekali sekali bikin yang manis manis,alhasil hari ini aku bikin bener bener yang maniisss niisssss nisssss. Hehehehe......, Sebenernya aku pribadi kurang suka makanan manis, maka dari itu aku jarang bikin, terutama roti rotian gitu, kalo cake sih masih lumayan suka. Hari ini aku bikin Mango Custard, soalnya aku suka susu, dan lagi musim mangga, jadi mangga ada dimana mana. Aku tambahin jus pisang dan air jeruk nipis juga dilapisan susunya biar rasanya nggak terlalu susu banget. Adekku sempet protes, katanya kenapa juga ditambahin pisang ( dia nggak suka pisang ), kujawab aja biar ada variasinya aja, dan ternyata dia makan juga dengan lahap lupa sama rasa pisangnya,hehehe.....



Bagian yang paling aku suka di postingan ini tuh, bagian sesi photoshootnya, soalnya menurut aku buah buahan itu kalo di kamera jatohnya nggak tau kenapa bagus aja, mungkin karna warnanya yang terang dan keliatan seger. Buah yang paling aku suka strawberry, tapi jujur aja saking sukanya aku sampe nggak tega loh kalo buahnya dipotong potong gitu, apalagi dihancurin.hehehe...,lain kali deh aku bikin masakan dari strawberry juga. Nah kembali di puding susu yang aku bikin, dilapisan pertama tuh aku bikin rasanya bener bener mangga banget, karna aku bikinnya dari jus mangga, tapi mangganya aku parut pake parutan keju, jadi masih kerasa banget tuh tekstur mangganya. Sedangkan dilapisan kedua aku bikin dari susu, jus pisang ambon, dan air jeruk nipis, sengaja aku tambahin air jeruk nipis supaya rasanya seimbang. Dan woalaaaa jadilah mango custard ala aku, ini dia resepnya :

Bahan bahan A :
  • 1 bungkus agar agar warna orange / kuning ( bisa juga warna putih dan ditambahi pewarna makanan) 
  • 200 ml air
  • 100 gr gula pasir
  • 600 gr mangga, diparut
  • 300 gr mangga, potong dadu
  • 1 sdt vanili
Bahan B : 
  • 1 bungkus agar agar warna putih
  • 300 ml susu cair full cream rasa vanilla
  • jus pisang, dari 1 buah pisang ambon ukuran sedang
  • 1 buah jeruk nipis diambil airnya
  • 100 gr gula pasir
Bahan garnish :
  • melon 
  • pepaya
  • pisang
  • mangga
  • 1 bungkus jelly bubuk
Cara Pembuatan :
  1. Siapkan bahan A : campur agar agar dengan gula dan vanili, tambahkan jus mangga dan air aduk aduk, masak hingga mendidih, angkat dan tuang pada wadah yang telah disiapkan.
  2. Setelah mengeras susun potongan mangga diatasnya.
  3. Siapkan Bahan B: campurkan agar agar dan gula, tambahkan susu cair, masak dan tunggu sampai hampir mendidih kemudian masukkan jus pisang yang telah dicampur air jeruk nipis. Aduk aduk sampai mendidih.
  4. Siram diatas lapisan pertama, dan tunggu hingga mengeras. Setelah mengeras susun buah buahan diatasnya.
  5. Campurkan 1 bungkus bubuk jelly dengan 1 sdm gula dan 300cc air, masak hingga mendidih, angkat dan segera siramkan diatas buah buahan yang telah ditata diatas pudding sebelum jelly mengeras, gunanya supaya buah buahan melekat satu sama lain dan memberikan efek segar pada buah buahan.




Gimana mango custard buatanku? mudah kaan.....rasanya enak kok, pada bagian garnish kalo nggak mau terlalu ribet bisa di skip aja. Soalnya puddingnya dimakan gitu aja juga sudah enak, selamat mencobaa ^-^












2 komentar:

Ardian Hardino mengatakan...

jus pisang enak bingit apalagi manfaat pisang lainnya

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

sebenarnya saya pribadi kurang suka juice pisang, tapi kalau sudah dibikin masakan jadi doyan.

Posting Komentar