"no one is born a great cook, one learns by doing"

Rabu, 18 Desember 2013

mie goreng jawa saus ayam - Javanese fried noodle with chicken sauce




Sukak banget sama mie goriiiingggggg, apapun topingnya aku suka. Apalagi kalau bumbunya meresap banget di mie nya hemmmm yummieee...,dulu sih waktu kecil aku biasanya bikin pake mie instan biasa, sekarang udah gedhe mulai mikir juga kalo bumbu mie instan tuh nggak sehat buat kesehatan. Di postingan sebelumnya mie dok dok aku kan pernah cerita kalo aku suka banget sama yang namanya MIE, bakalan sering mungkin aku nantinya posting olahan mie di sini hehehe..... 


Kali ini aku mau posting mie goreng jawa dengan saus ayam, gemmmm yummiee banget,...., kali ini nggak usah mikir lemak dulu deh, pengen bikin makanan yang enak nih, jadi ayamnya aku pake daging ayam bagian paha plus kulitnya juga, heehehehe.....,ini dia resepnya :

Bahan mie :
  • 150 gr mie basah (bisa juga menggunakan mie telur, rebus lalu tiriskan)
  • 50 gr kol, potong potong
  • 50 gr wortel potong korek api
  • 1 batang daun bawang iris tipis
  • 50 gr daging ayam potong kecil
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 siung bawang merah,haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt terasi 
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus cabe
  • lada, gula garam secukupnya
Bahan saus ayam :
  • 500gr ayam, bagian paha dan pisahkan dengan tulangnya
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm saos tiram
  • air kaldu ayam secukupnya
  • gula dan garam secukupnya
Cara pembuatan :
  1. Mie : Tumis bawang merah putih dan terasi sampai harum, masukkan ayam, tumis sampai ayam setengah matang, masukan telur dan aduk aduk. Masukan kol dan wortel masak sampai wortel dan kol layu, kemudian tmasukkan mie. Masukkan kecam manis, saos cabe, dan bumbui dengan lada gula garam secukupnya. Aduk hingga bumbu meresap dalam mie, kemudian angkat.
  2. Saos Ayam: Masukkan semua bahan termasuk air kaldu lada dan garam. Masak diatas api kecil, sampai ayam berwarna kecoklatan dan bumbu meresap. Jangan diaduk, cukup ayam dibalik sesekali supaya matang merata. Setelah ayam matang segera angkat.
  3. Tuang mie kedalam piring saji, siram dengan kuah ayam, dan taburi daun bawang.













0 komentar:

Posting Komentar