"no one is born a great cook, one learns by doing"

Rabu, 11 Desember 2013

Brownies Kukus Sederhana - Simple Steamed Brownies


Dari kemarin suana hati aku bener bener nggak enak, banyak hal yang dipikirin, jangankan buat masak, buat sekedar nginjakin kaki ke dapur aja males. Lulus kuliah dan nggak ngapa ngapain kayak gini bawaannya uring uringan aja ( baca belum kerja, hehehehe). Tentang apa alesannya nggak penting aku share disini, terlalu pribadi, hehehe, intinya belakangan ini suasana hati aku lagi nggak bagus. Dan kenapa aku hari ini nggak mau masak? ada hubungannya loh, seolah tuh ya menurut aku, saat smua temen temenku pada sibuk kerja, eh kok aku sibuk didapur, kan kesannya gimanaaaaa gitu. Pokoknya intinya I'm not in the mood.


seharian kerjaan aku cuma duduk - duduk aja, coret coret gag jelas, pokoknya bener bener malas mau ngapa ngapain, dirumah juga sendiri, arrghhh pokoknya bikin sebel.


Menjelang sore aku jadi kepikiran, coklat kan bisa bikin suasana hati yang buruk jadi lebih baik, atau kasarannya sedikit menenangkan, aku pernah baca dimajalah dulu. Pas lagi beli coklat, nggak tau kenapa aku malah kepikiran, kenapa nggak bikin brownies aja ya, sama sama terbuat dari coklat ini, dan rasanya nggak boring. Finally aku batal beli coklat dan belanja keperluan bikin brownies, aku pilih bikin brownies kukus yang resepnya paling sederhana dan gampang, soalnya aku bikinnya sendirian, nggak kebayang gimana ribetnya, secara aku sebenernya paling males bikin kue kue gitu, takaran dan teknik harus pas, kalo nggak mau gagal. Beda sama masak biasa kurang asin bisa tambahin garam, kurang bumbu bisa diakalin ini itu. Ini aku share resep brownies kukus yang aku bikin, sederhana dan gampang bikinnya, prosesnya juga cepet.

Bahan bahan :
  • 170 gram dark cooking chocolate
  • 75 gram margarin
  • 2 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • 75 gram tepung terigu
  • ½ Sendok teh baking powder
    Garnish :

    • 50 gr dark cooking chocolate , lelehkan
    • White chocolate serut secukupnya untuk taburan

    Cara Membuat Brownies Kukus
    1.     Lelehkan dark cooking chocolate dan margarin.
    2.     Kocok telur dan gula sampai larut.
    3.     Masukkan tepung dan baking powder yang sudah diayak dan diaduk rata.
    4.     Tambahkan cokelat cair dan margarin sambil diaduk rata.
    5.     Tuang dalam loyang brownies yang dioles margarin dan dialasi kertas. Sisihkan.
    6.     Panaskan kukusan dahulu setelah mendidih kemudian baru masukkan loyang brownies.
    7.     Kukus 30 menit dengan api kecil.
    8.     Angkat keluarkan dari loyang, kemudian belah dengan pisau yg tajam
    9.     Olesi bagian brownies yang telah dibelah dengan coklat leleh dan taburi dengan coklat serut, tutup dengan bagian yang satunya olesi kembali bagian atas bawnies dengan coklat leleh dan taburi kembali dengan serutan coklat putih.
    10. Tunggu dingin dan siap dihidangkan


After all aku berhasil juga ahirnya melewatkan soreku sambil makan brownies bikinan sendiri aromanya coklat banget harum dan lembut, pas menjelang  mahrib adekku pulang kuliah browniesku dah jadi, kami makan ditemani susu coklat panas, kata adekku dan temen temenku yang ikut makan, rasanya enak loh, seneng deh dengernya. Moodku jadi kembali baik, whatever lah orang lain mau ngomong apa, tapi menurutku selain coklat, memasak juga juga bisa mengembalikan mood, dan besok besok aku nggak malu lagi deh kalo mengisi waktuku dengan memasak, memasak kan bukan hal yang hina, selain memuaskan diri sendiri juga bikin orang lain senang kan? hehehehe..... love cooking so much ^-^











0 komentar:

Posting Komentar