"no one is born a great cook, one learns by doing"

Selasa, 24 Desember 2013

Nila Bumbu Acar Kuning - Nila with yellow pickle sauce

 

Beberapa waktu lalu aku dibawain ibuku ikan nila banyak banget, di daerah tempat tinggalku banyak banget ikan nila. Nyaris tiap sore ada pedagang keliling yang jual itu ikan, dan harganya bisa dibilang sangat murah. Aku sama adekku pernah beli di Solo, tapi harganya jauh lebih mahal. Jujur aja selain alergi, aku juga kurang suka sama aroma ikan, terutama ikan yang digoreng gitu aja, entah karna faktor bosan atau apa. Nah pas hari itu ibuku bawain ikan nila yang dah digoreng banyak banget, nggak mungkin aku dan adikku makan ikan goreng sebanyak itu. Kalo dimasak dengan bumbu santan, pasti cepat eneg, kalo dibuat sop juga nggak bisa karna ikannya dah digoreng duluan. Gimana caranya bikin ikan itu bisa dimakan bersama sayur dan tidak terlalu berbau ikan?ahirnya kami memutuskan bikin Nila dengan bumbu acar kuning, aneh nggak sih?? tapi kalo soal rasa nggak aneh kok.




Sayurannya aku pake, wortel, buncis, dan mentimun. Kebetulan adikku suka banget sama acar kuning ini, dirumah biasanya dimakan bersama nasi rames. Sebenernya awalnya aku kurang suka, tapi setelah dirasa rasanya enak juga. Rencana awal aku cuma mau masakin doank, tapi ahirnya ikut makan juga, walaupun sehabis itu aku jadi kena alergi, hehehe..., Resep acar kuning aku dapat hasil dari smsan sama ibuku pagi itu, Rasanya nggak jauh beda sama acar kuning biasa, cuma bedanya ini ada sedikit aroma ikannya. Ini dia resepnya :
Bahan : 
  •  1 kg nila, sudah digoreng lebih dulu
  • 100 gr mentimun
  • 150 gr wortel
  • 150 gr buncis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 2 sdm cuka
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 10 buah cabe rawit utuh
  • 200 cc santan, aku skip karna kurang suka, aku ganti air secukupnya
  • lada, gula, garam secukupnya.
Bumbu halus :
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit, dengan panjang kira kira 2 cm
Cara Memasak :
  1. Tumis bumbu halus, bersama serai, dan daun jeruk hinga harum. Masukkan semua sayuran hingga layu dan tuangkan air secukupnya.
  2. Setelah sayuran setengah matang, masukkan cuka, bumbui dengan lada gula garam dan tambahkan kocokan telur. Aduk aduk sampai telur menyatu dengan sayuran dan kuah acar.
  3. Masukkan ikan dan cabe rawit utuh, masak hingga bumbu meresap pada ikan lalu angkat dan sajikan bersama nasi hangat. ^-^


  
                                  

Sebenernya rasa memang enag banget loh, meskipun aku nggak pake santan, yang bikin aku kesel tuh platingku berraaantakaaannnn, ini berakibat fatal sama hasil fotonya. Mungkin benar kalo ada yang bilang jangan memfoto masakan saat sedang lapar. hehehehe.....,tapi memang bau ikan jadi nggak amis kalo dimasak dengan saus acar kuning, so selamat mencobaa ^-^










0 komentar:

Posting Komentar