"no one is born a great cook, one learns by doing"

Minggu, 29 Desember 2013

Mie Kuah Pedas - Spicy Noodle Soup



Masa liburan telah tibaaaaaaa, aku banyak menghabiskan waktu dirumah, bersama adekku, ponakanku si Aya yang masih dua tahun, dan sepupuku yang kebetulan liburan dirumahku. Sebenernya kalo lagi dirumah aku males mau masak masak gitu, selain ibuku suka ngomel kalo aku sama adikku masak, juga riweh kalo ada si kecil aya. Kadang aku mikir gimana ya ibu ibu yang punya anak kecil bisa sambil masak dengan tenang?....hehehehe, nggak kebayang deh kalo aku, pasti rempong banget. Apalagi kalo punya anak kecil kek si aya, sumpah dia itu suka makan dan ngerecokin orang didapur, kalo aku sama adekku motong motong, kepengenya dia juga motong, kalo lagi ngaduk dia juga kepengen ngaduk. Daaannnn apapun yang kita makan atau masak sumpah dia selalu bilang " Aya mau, aya mau" nggak peduli itu makanan pedes apa enggak, enak apa enggak. Padahal kan banyak makanan yang nggak boleh dia makanan secara dia masih batita.


Untuk anak seusia dia selain tergolong gendud dia juga termasuk anak yang pintar kalo menurut aku, dari umur 1 tahun lebih dia dah banyak mengenal jenis jenis sayur dan makanan, kek wortel, bayam, brokoli, kubis, bahkan buncis, roti, keju, coklat, apel, jeruk, pepaya, dll. Pokoknya dia tau lah, entah karna pandai atau terlalu suka makan aku nggak tau. Hobbynya aja buka buka kulkas dari entah umur berapa, tau dia kalo kulkas tempat nyimpen makanan. Eh sebenernya banyak kepintaran dia yang lain sih, tapi menurutku yang paling menonjol ya urusan makan, dia paling maju terdepan.hehehhehe. Nah siang itu kami kan dirumah cuma ber empat, kepikiran mau bikin mie aja deh yang masakknya simple, cepet dan mengenyangkan, nggak kebayang masak dengan gangguan si kecil aya. Tapi kita nggak mau makan mie instan, ahirnya kita mutusin bikin mie kuah pedas, dengan kuah kental yang resepnya sepet kami liat sekilas di google. Ahirnya kami bagi bagi tugas, aku masak, adekku pegang si Aya, soalnya nggak mungkin juga nyerahin si Aya sama sepupuku yang masih kelas 1 SMP ( namanya Tiara kami panggil mbak Iya)


Kesalahan besar ternyata kita bikin mie, si Aya itu paling horor kalo liat mie, dia bener bener bernapsu pengen makan mie, padahal mamahnya pesen dia nggak boleh makan mie. Siang itu dia nangis pek gulung gulung didapur, kayak anak yang sebulan nggak dikasih makan. Karena jengkel takut dia kena api atau barang tajam lainnya, ahirnya aku bilang ke dia " iya aya nanti dibikinin mie, tapi jangan yang ini, yang ini pedes ", ahirnya dia mau diam. Karna bingung kami bikinin spaghetti aja lah, dengan bumbu bumbu yang aman untuk anak kecil, aku kasih sayur juga, yang penting dia diam. Kembali ke mie yang kami bikin, dengan beberapa gangguan ahitnya mie kami jadiii, rasanya hemmmmm yummieeee, mungkin karna kami kebawa laper juga. Kuahnya kental dan berbumbu sekali, rada beda sama mie mie yang pernah kami bikin, isiannya sederhana, cuma ayam dan telur, tapi rasanya istimewa, enak dimakan saat hujan atau saat cuaca dingin, ini aku share resepnya:

Bahan-bahan:
  • 500 gr mie hokiian / mie telor
  • 100 gr ayam, rebus dahulu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 3 sdm saos sambal
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 helai daun kol, iris-iris
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sdm tepung maizena, encerkan
  • 750 ml air kaldu ayam (bekas merebus ayam)
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • gula secukupnya

Bumbu Halus:
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1 butir kemiri
Pelengkap :
  • kol iris mentah dan wortel rebus
  • telur rebus
Cara membuat:
  1. Rendam mie dalam air panas, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Tuangkan air kaldu, masukkan suwiran ayam, saos sambal dan kecap manis, masak hingga mendidih.
  4. Masukkan sayuran, kemudian masukkan mie.
  5. Tambahkan garam, merica dan gula, aduk rata.
  6. Masukkan telur, aduk rata.
  7. Masukan maizena, aduk sebentar hingga kuah mengental dan segera hindangkan dengan pelengkapnya.


Rasanya ternyata pedessssss banget, memang bener bener nggak cocok sih dimakan sama anak kecil, kita kita yang dah gedhe aja kepedesan. Tapi nagih sih kalo menurut aku, bagi kalian yang pecinta mie seperti kami wajib coba deh, isiannya juga bisa diganti sesuai selera kok, semoga nggak bosen ya aku selalu share mie mie dan mie,heheheheh.....selamat mencoba ^-^










0 komentar:

Posting Komentar