"no one is born a great cook, one learns by doing"

Jumat, 13 Desember 2013

ayam bumbu rujak - chicken with fresh chili sauce


Kangen masakan ibuuuuu,........, semua anak pasti punya masakan favorit yang dimasak oleh ibunya. Aku juga gitu. Tapi belakangan ini aku kangen masakan ibuku, karna memang aku jarang dirumah. Kalaupun aku berada dirumah, ibuku juga jarang masak. Karna beliau juga sangat jarang ada waktu buat memasak.  Mungkin karna itu aku sama adikku terbiasa masak sendiri dari dulu, kayaknya SD kami udah bisa masak sendiri, meskipun masakan sederhana. Salah satu masakan ibuku yang jadi favorit keluarga terutama bapakku adalah Nila Bumbu Rujak, nggak tau ya kenapa namanya demikian, padahal rasanya nggak mirip sama sekali sama bumbu rujak pada umumnya selain rasa pedas. Hari ini aku pengen masak masakan itu, tapi belakangan ini aku lagi nggak boleh makan ikan, ada sedikit alergi di kakiku kalau aku makan ikan, apalagi ikan laut ikan air tawar sebenarnya masih mendingan sih, tapi aku ambil amannya aja. Nah ikannya aku ganti ayam, terus aku tambahin kentang juga. Rasanya hummmm yumm yumm yumm, adikku aja sampai lupa sama ikrar dietnya, hohohohoho........,ini dia ayam bumbu rujak ala aku :

Bahan bahan :  
  • 800 gr ayam
  • 500 gr kentang
  • 1 buah tomat, potong potong
  • 1 batang daun bawang, potong kecil untuk taburan
  • 150 ml santan
  • 2 lembar daun jeruk, hilangkan tulang daunnya
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas digeprak
  • 1 batang serai digeprak
  • Lada dan gula secukupnya
Bumbu halus :
  • 8 buah cabe merah keriting
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang merah
  • 1 buah kemiri
  • 1 ruas jahe, potong 2 cm
  • 1 ruas kunyit, potong 3 cm, dibakar dulu sebelum ikut dihaluskan
  • 1/2 sdm gula jawa serut
Cara Pembuatan :
  1. Bumbui ayam dan kentang dengan sedikit lada dan garam, lalu goreng ayam dan kentang sampai matang lalu angkat dan tiriskan, untuk ayam jangan terlalu kering menggorengnya, cukup sampai berwarna kecoklatan aja.
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan serai, sampai harum, kemudian masukkan santan dan tambahkan lada garam, tunggu sampai santan mendidih.
  3. Masukkan ayam kentang, dan tomat, tunggu sampai santan menyusut dan bumbu meresap, lalu angkat dan sajikan. 




Bikin ayam bumbu rujak sebenernya nggak susah, cuma bumbunya aja yang rada banyak, jadi kadang susah ngingetnya. Tapi karna rasanya enak terbayar deh kesulitan mengingatnya, hehehehe....., selain bikin ayam bumbu rujak, adikku juga masak sayur asem. Kata dia sih biar nggak eneg makan yang seger seger setelah makan masakan yang bumbunya strong kek gitu. Bagi kalian yang suka makan pedes makanan ini patut dicoba, enak bangeettt, ^-^










0 komentar:

Posting Komentar