"no one is born a great cook, one learns by doing"

Kamis, 23 Januari 2014

Soto Kudus



Soto ituuuu makanan yang aku suka sama adekku, tapi nggak sembarang soto kami suka, soto yang paling kami suka itu soto bikinan ibuku, kuahnya enaaagg gurih dan mantep banget lah. Nggak tau sih awalnya resepnya apaan, beda pokoknya sama soto soto yang biasa aku makan dan beli di luar. Kuahnya tuh kalduuu banget, nggak bisa aku jelasin deh, hihihihihih lebay banget yaa...,tapi mang beneran enak kok.
Pertama kali aku masak soto tuh gara gara orang yang paling deket di hidupku ( baca selain keluarga teman dan orang tua yaa heheheh..) yang nggak mau aku sebutin namanya,suka banget makan soto. Kalo dia lagi kerumah ibuku pasti masak soto buat dia. Nah aku pernah tuh aku masak buat dia masa dia bilang " nggak enak, nggak mirip masakan ibu" aarrrgghh sebel banget lah dah capek capek bikin juga. Tapi ahirnya tetep dimakan juga sih.
Seperti yang dah kuceritain dipostingan sebelumnya, aku kemaren masak soto sama pumkin cake, yang capeknyaaaa bukan main. Adekku kemarin aku bujuk bujuk supaya mau aku ajakin masak ini, karna dia bilang, masak soto, ataupun timlo tuh sama capeknya, banyak banget yang harus disiapin. Terus aku bilang ke dia, "ayolah kamu bantuin aja, kamu kan bakalan sering sering masak ini suatu hari nanti, hahahahaa" ( pacar adikku orang kudus ). Nah dari pacarnya adikku ini aku tau kalo soto kudus tuh ada dua versi, ada yang dibikin pake daging kerbau, atau daging ayam. Tapi lazimnya sih orang sana asli bikinnya pake daging kerbau sih. Kalau rasa sih mirip sama yang ibuku bikin dirumah, bedanya ada sedikit aroma ketumbar, karena bumbunya emang pake ketumbar, kalau soto kebanyakan kan pake merica aja. Ini dia resepnya :

Bahan bahan :
  • 1 ekor ayam kampung, potong 4 bagian
  • 3 butir telur rebus potong sesuai selera
  • 100 gr tauge diseduh
  • 2 batang sledri dirajang halus
  • 4 bawang putih dirajang dan digoreng
  • 75 ml kecap manis
  • 2 buah jeruk nipis diambil airnya
  • 2 batang serai
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 1/2 liter air
  • Minyak goreng dan nasi putih secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 buah bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt Jintan
  • 6 butir kemiri
  • 3 cm jahe
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat:
  • Panaskan air kemudian rebus ayam dengan api kecil hingga kaldu harum dan ayam matang.
  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang beserta serai, masukkan ke dalam rebusan ayam, garam, gula dan bawang putih goreng.
  • Teruskan memasak hingga bumbu meresap ke dalam ayam, angkat ayam dan suwiri.
  • Letakkan nasi ke dalam mangkok, masukkan tauge, telur, sledri, suwiran ayam, air jeruk dan sedikit kecap manis, tuangkan kuah sotonya, siap hidangkan. ( kalo aku kecap aku pisah dan aku bikin sambel kecap sekalian, hehehehe )


Resep ini aku dapet dari kumpulan resep masakan di google, rasanya enak dan seger kook, cocok dimakan pas musim ujan kayak gini, kan enak banget makan yang hangat hangat pas musih ujan. Hemmmm pokokny   enak deh. tapi kalo masalah foto, jangan ditanya deeehhhh, super duper parah banget. adikku pas liat hasil fotonya bilang " ih mbak kok kayak foto foto makanan di majalah jadul sih,"  huhuhuhuhu....., gimana lagi pas fotoin aku lagi males banget, laper pulak. Kami berdua sama sama kecapekan intinya hehehehe.....Pokoknya foto foto dua masakanku kali ini judulnya ancur totaaalll nggak terkonsep sama sekali, nggak ada rencana, semua serba seadanya, tapi kalo rasa boleh kok kalian semua cobain resepnya, karna meman enaaakkk ^-^











0 komentar:

Posting Komentar