"no one is born a great cook, one learns by doing"

Selasa, 14 Januari 2014

Klepon - Challenge# 1 YKMK 2014 ( JPTI )







Kalau ada yang bilang jajanan tradisional itu selain berharga murah juga gampang bikinnya itu SALAH BESAAARRRR, atau mungkin itu menurut asumsiku sendiri. hehehehehe...., pokoknya menurut aku susah aja.hehehehe..., bukan cuma cara masaknya tapi juga proses photoshootnya, tapi dengan adanya Challenge# 1 YKMK 2014 ( JPTI ) ini aku jadi banyak banget belajar. Sebelum aku uring uringan bingung mau bikin apa, aku dah bingung duluan properti apa yang mau aku pake buat photoshootnya, hehehehe, aku maunya yang bener bener vintage, sesuai sama temanya. Aku pengennya fotoku bertema camilan vintage, tapi nggak nemu propertinya, huhuhuhu...., aku sempet curhat sama ibuku, kata ibuku suruh beli aja tuh gerabah gerabah gitu, ntar kan dapet tuh kesan tradisionalnya, tapi aku nggak mau, malah cemberut aja, hehehehe....





Sedikit ada pencerahan pas aku main ketempat Utiku ( nenekku), disana kan banyak tuh perabotan makan kuno yang dipajang sama uti di lemari kaca. Menurut Uti, beliau suka beli perabotan makan lucu lucu ( di masa itu ) buat dikumpulin aja, sekedar suka aja. Dulu aku suka mikir, uti ngapain juga sih masih nyimpen barang barang super jadul gini, tapi ahirnya ada manfaatnya juga, aku dsuruh ambil mana aja yang aku suka sama uti, lumayan nggak usah beli, heheehehe.., karna banyak bingung juga, aku ambil aja lah seperlunya lain kali kalo mau ambil lagi, karna uti bilang aku sama adekku boleh ambil mana aja, semua juga boleh,....hehehehe....., makasih uti ^-^ , next time aku ceritain tentang utikku lagi, beliau orangnya super unik dan menginspirasiku banyak hal sebagai wanita hehehe....


Setelah mikir panjang ahirnya aku mutusin bikin "Klepon" kenapa klepon? bukan karena aku punya cerita khusus sih, tapi jujur aja ini satu satunya jajanan tradisional yang dulu pernah aku bikin, hehehehe...., itupun duluuuuu banget jaman aku masih SMP hehehehe, aku pernah bikin sama teman teman segerombolanku masa itu : Sisca, Rini, Shinta, Dhany, and mbak Asih, inget banget deh pas itu klepon kita belom mateng, tapi rasanya enak kok. hehehehe...., pada challenge ini aku pake resep klepon yang original, yang artinya pake tepung ketan dengan isian gula jawa, sekarang kan banyak tuh varian klepon dengan campuran ubi atau kentang, atau dengan isian macam macam kayak coklat , keju, atau kacang hijau. Cuma kleponnya aku kasih warna macam macam, biar nggak boring liatnya, sepanjang yang aku tau klepon kalo nggak warna merah ya warna ijo. heheheheh.., ini dia resepnya : 

Bahan:
  • 150 g tepung ketan
  • 1/4 sdt garam halus
  •  Pewarna sesuai selera
  • 90 ml air dingin
  • 50 g gula merah, iris tipis
  • Pelengkap:
  • 50 g kelapa setengah tua, parut memanjang lalu campur dengan 1/4 sdt garam halus dan dikukus selama 10 menit.
Cara membuat:
1. Campur tepung ketan dengan garam dan pewarna, aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang kalis.
2. Ambil sejumput adonan, bentuk menjadi bulatan, pipihkan. Isi dengan 1/2 sdt gula merah, bentuk kembali menjadi bulatan. Lakukan hingga adonan habis.
3. Rebus adonan yang telah dibentuk dalam air mendidih. Setelah matang, angkat. Gulingkan ke atas kelapa parut kukus hingga seluruh permukaannya terselimuti kelapa. Hidangkan segera.



Hasil ahirnya menurut aku masih jauh dari kata memuaskan, terutama dari segi foto nya, masih belom kayak yang aku pengen, terlalu flat aja kalo menurutku, warna sama tata letaknya kurang menarik. Tapi ya udah nggak apa apa lah namanya juga masih belajar. hehehehe...., mungkin jam terbangku didapur juga masih sangat kurang. huhuhuhuhu....,hasil masakan dan foto selanjutnya semoga lebih baik dari ini hehehehe.....













2 komentar:

LYNDA MAITIMU - REAL Kitchen NL mengatakan...

Kleponnya cantik warnanya...
Terima kasih untuk ikut serta dalam Challenge #1 YKMK 2014, success.

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

makasih banyak mba lyndaaa,

Posting Komentar