"no one is born a great cook, one learns by doing"

Rabu, 22 Januari 2014

Cendol - Challenge# 1 YKMK 2014 ( JPTI )



Pada posting kedua challenge #1 YKMK 2014 ( JPTI ) aku bikin cendooolllll, heheheheheh...., ini minuman sih sebenernya, tapi masih tergolong jajanan tradisional juga kan????....,hehehehe...., kenapa aku memilih cendol?? karena ini minuman yang selalu ada di menu buka puasa ditempat utiku ( nenek ) tanpa terlewat seharipun, terutama saat kakungku ( kakek ) masih ada. Seperti biasa setiap weekend dan aku sama adikku pulang, aku nyempet nyempetin banget main kerumah utie, kasihan utie sejak ditinggal kakung 2 tahun lalu selalu kesepian, maaf ya utie kami nggak bisa selalu nemenin utie, huhuhuhuhu....., utie dan kakung cuma tinggal berdua, nggak pernah protes walaupun anak anaknya nggak ada yang tinggal bareng. Dulu banget pas aku kecil aku memang tinggal sama utie sama kakung, tiap hari sama beliau, terutama utie karna kakungku juga kerja waktu itu. Siapa orang yang paling bangga saat aku juara kelas, atau juara lomba lomba menggambar? jawabannya adalah kakungku, siapa orang yang paling pingin melihat aku wisuda dan menikah? jawabannya juga kakungku. Sayangnya sebelum semua sempat aku wujudkan kakung dah dipanggil duluan oleh Allah SWT. Sampai sekarang masih belum percaya kakung pergi, beliau yang kelihatannya biasa aja tau tau didiagnosa sakit kanker usus stadium ahir, kami sekeluarga dah berusaha keras untuk kesembuhan kakung, tapi Allah berkata lain, maaf ya kung siwi belum sempat menyenangkan kakung huhuhu......

ini fotoku sama kakung dan utie pas umur 3 tahun, bukan ulang tahun sih, tapi kayaknya syukuran apa gitu hehehe..

Okeee cerita sedihnya udahan yaa, kembali ke cendooolll. Biasanya utie bikin cendol tanpa es, tapi kalo aku sama adekku main dan buka puasa disana biasanya utie bikin dengan ditambahin es. Sebenernya rasanya nggak beda jauh sama yang biasa aku beli beli di tukang jualan cendol, cuma bedanya kalo yang bikin utie tuh lebih aman karna terjamin kebersihannya dan rasanya menurutku lebih mantep aja. Cendol diminumnya sama santan dan syrup gula jawa biasanya, utieku biasanya beli cendol yang udah jadi gitu, tapi nanti syrup gula sama santan rebusnya bikin sendiri. Tapi belakangan ini suka takut beli cendol yang dah jadi, aku liat di tv banyak cendol yang berbahaya karna proses pembuatan dan bahannya yang nggak sehat. Kalo ibuku bikin es cendol biasanya ditambahin selasih atau cincau hitam gitu. Cendol buatanku ini kayak yang biasa dibikin utie, rasanya juga, hehehehe. Cendolnya aku bikin sendiri, pake tepung beras, cuma bedanya cendolku nggak pake air kapur sirih, untuk bikin dia lebih kenyal aku pake bubuk agar agar.


Untuk bentuk cendolnya aku bikinnya pake suntikan, selain aku nggak punya cetakan cendol, aku juga kurang suka bentuk cendol yang panjang panjang, kayak cacing gimana gitu kalo ngeliat dalam jumlah banyak, kalo dah dibikin es sih nggak papa. Aku bikinnya biasaaa berdua sama adikku, kami tuh berasa kembar dempet kemana kemana selalu bareng, hohohohoho....yang nyebelin dia bilang kok cendol kita bentuknya malah kayak berudu (kecebong) ya, hahahahahah..., aku bikin tiga warna pink, ungu, dan hijau. ini dia resepnya :

Bahan bahan :

Bahan Cendol:
  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung hunkwe
  • 1 sdm bubuk agar agar plain
  • 600 ml air
  • 1 sdt vanili
  • 1 sendok teh garam
  • pewarna hijau, ungu dan pink secukupnya
  • 700 gram es batu
Bahan Sirop Gula:
  • 300 gram gula merah sisir
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
Bahan Kuah Santan:
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 3/4 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
Cara membuat:
  • Cendol, larutkan tepung beras, tepung hunkwe, serbuk agar agar, vanili, air, dan garam. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup dan kental. Pisahkan menjadi 3 bagian dan beri warna di masing mansing bagian.
  • Ambil adonan cendol dengan menggunakan suntikan, teteskan kedalam air yang telah diberi es batu secara perlahan, biarkan cendol didalam air dingin sampai bentuknya kokoh kemudian saring.
  • Sirop gula, masak gula merah, air, daun pandan, dan daun jeruk sambil diaduk hingga gula larut. Angkat. Masukkan nangka. Aduk rata.
  • Kuah santan, masak santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih. Angkat. Biarkan dingin.
  • Tuang cendol dalam gelas. Sendokkan sirup gula dan kuah santan. Tambahkan es batu 
Cendol yang aku bikin memang sangat sederhana, tanpa tambahan macam macam bahan lainnya, tapi cendol seperti ini mirip seperti yang utieku dulu sering bikin, yang kami minum biasanya sama kakung, huhuhuhu. Postinganku kali ini sedikit drama ya??? hehehehe, nggak papa yaa edisi kangen banget sama kakungku karna ada beberapa hal, huhhuhuhuu.... miss u grandpa 






2 komentar:

LYNDA MAITIMU - REAL Kitchen NL mengatakan...

Terima kasih untuk ikut serta dalam Challenge #1 YKMK 2014, success.

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

iya mba, makasih mba lynda

Posting Komentar