"no one is born a great cook, one learns by doing"

Rabu, 30 April 2014

Cheddar Cheese Pizza


Pizza itu salah satu jenis makanan yang mudah dan cepat dibuatnya, rasanya semua juga pasti suka kan kalo makan pizza. Tapi kadang kendalanya itu nggak selalu ada keju mozzarella atau keju cheddar yang melt, karena alasan itulah kadang suka males bikin pizza kan?? hehehehe


Sebenernya semua orang bisa membuat pizza dirumah, kuncinya cuma di toppingnya, varian topping itu menentukan banget enak tidaknya pizza kita ( kalau adonan doughnya semua sudah bisa kan ?..) , meskipun begitu, kita tetep bisa kok bikin topping pizza yang enak dengan bahan yang tersedia aja dirumah. Contohnya hari ini, aku sama temen temenku bikin pizza dengan bahan yang ada aja. Kali ini aku bikin pizza dengan keju cheddar, dan untuk sausnya seperti biasa aku nggak pakai saus botolan begitu saja, tapi memang aku bumbui lagi dan aku campur kornet.


Memang secara tampilan nggak secantik pizza pada umumnya yaa, tapi asli rasanya enak, satu pan pizza habis dalam sekjap sama temen temenku. Rasanya keju banget dan gurih, karna keju cheddar kan memang lebih gurih rasanya ( kalau menurutku yaa hehehehe ). 





Repotnya kalau bikin pizza sama banyak orang itu, harus nurutin mereka yang mau makan kan. " jangan pakai sayur, janan pakai jamur, jangan banyak banyak kejunya, jangan terlalu pedes, dan bla bla bla bla...". jadi ya sudah ambil jalan tengahnya aja yaa, kami bikin yang sesuai selera semuanya. Beberapa pembaca blog ini bilang ada yang email atau bbm aku langsung, dan bilang : mbak kalau bikin pizzanya pakai cheddar aja gimana? bisa nggak??.., nah dengan alasan itulah postingan ini aku tulis, jawabannya : BISA DAN RASANYA ENAK, hehehe..., Untuk adonan dough ( kulit pizza ) nya, aku pakai adonan yang biasa aku bikin, udah cocok sama resep itu, empuk dan enak kalau menurutku. Jadi untuk kali ini aku mau share resep topping pizza nya saja ya, kalau mau lihat adonan kulit pizzanya bisa dilihat di sini ,

Bahan saus :

  • 100 gr kornet sapi
  • 1/2 bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdt merica butiran, dihaluskan ( aku pakai merica butiran karena dia lebih terasa rasanya )
  • 4 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdt kaldu bubuk rasa sapi 
  • 1 sdt gula (atau secukupnya)
  • garam secukupnya
  • 1 sdm mentega untuk menumis
  • air secukupnya 
Topping
  • 100 gr keju cheddar parut ( atau secukupnya sesuakan selera )
  • 4 buah sosi , potong potong
Cara Pembuatan :
  1. Panaskan oven pada suhu 200 derajat celcius.
  2. Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukan kornet, tunggu sampai kornet sedikit berubah warna kemudian tambahkan sedikit air ( sedikit saja ya ), masukan semua bahan sambil terus di aduk. Untuk garam beri sedikit aja ya, karna kornet dan kaldu bubuk kan sudah asin, masak sampai mengental kemudian angkat.
  3. Siapkan adonan pizza , tata di atas loyang yang telah di olesi dengan mentega seperti biasa tipis di bagian tengah dan tebal di pinggir adonan, kalai mau di bagian pinggir bisa di isi dengan keju atau sosis. Tuang saus di atasnya, sedikit tebal saja nggak apa karena sausnya berbumbu dan mengandung daging juga ( kornet bisa diganti daging cincang ya..), taburi parutan keju dan tata potongan sosis di atasnya.
  4. Panggang sampai kulit kecoklatan dan topping keju cheddar mulai keemasan, itu tandanya pizza matang dan siap disajikan. Bila ingin masak pakai magicom bisa saja, proses memasak bisa dilihat di pizza magicom



Sisa saus bisa juga digunakan untuk cocolan makan pizza nya. hemmmmm yummie hangat hangat langsung ludes dimakan kami semua. Meskipun aku belum rapih dan masih ketebelan bikin dough pizzanya cukup puas juga, , ketutup sama rasa toppingnya yang kerasa enak dan berbumbu, hehehehe...... , jadi stop beli pizza diluar, bikin sendiri dirumah lebih terjamin sehat dan rasanya juga enak loh , karena bisa disesuaikan sama selera kita.











0 komentar:

Posting Komentar