"no one is born a great cook, one learns by doing"

Kamis, 24 April 2014

Banana Brownies for challenge YKMK# 03






Perihal banana brownies ini, sebenernya masih satu edisi sama yang muffin kemarin, bisa dibilang ini late post deh. Sama kayak banan muffin kemarin, bikin ini karena memang mau memanfaatkan pisang yang sudah terlalu matang.


Niat hati sih mau bikin cake yang cantik untuk postingan kedua ini, tapi apalah daya yaaa, demi mengupayakan si pisang maka jadilah brownies pisang ini, hehehehe......
Bikinnya memang super simpel, untuk resep aku copas dari blognya mbak endang "just try and taste" tapi punyaku aku bake, sedangkan resep aslinya di kukus. Rasanya ya memang coklat dan pisang sekali yaa, wangi dan lembut...






Di foto keliatan kan? masih ada tekstur pisangnya, memang pisangnya tidak sampai hancur sekalu pas melumatkan. Untuk garnishnya aku pakai sisa pisang juga, potong potong dan di pan fry sebentar dengan menggunakan mentega, celupkan di DCC yang dilelehkan, dan hias sesuai selera.



Dan ini dia resepnya :



Bahan: 
- 150 gram dark cooking chocolate/coklat hitam masak
- 125 gram gula pasir (tambahkan jika kurang manis)
 
- 3 sendok makan mentega/margarine suhu ruang 
- 2 sendok teh vanilla extract atau 1/2 sendok teh vanili bubuk (jika menggunakan vanili bubuk, ayak bersama tepung terigu)
 
- 300 gram pisang ambon/cavendish/raja (kira-kira 2 1/2 - 3 buah), haluskan dengan garpu
- 2 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 100 gram tepung terigu serba guna (aku pakai Segitiga Biru)
- 1/2 sendok teh baking powder, pastikan fresh, cek masa kedaluarsanya. resep asli menggunakan yang double acting.
 
- 20 gram coklat bubuk, gunakan yang berkualitas baik  
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:

Panaskan oven 175 C. Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm olesi dengan mentega dan alasi bagian dasarnya dengan kertas roti. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata. Sisihkan.
 
Siapkan mangkuk tahan panas (kaca atau alumunium), letakkan mangkuk diatas panci berisi air mendidih. Masukkan coklat blok ke mangkuk, dan panaskan dengan api kecil menggunakan teknik double-boiler (tim) hingga coklat meleleh. Angkat dari api. 

Aduk coklat dengan spatula balon hingga smooth, tambahkan gula pasir, mentega/margarine, dan vanilla ekstrak, aduk hingga semua bahan larut dan menjadi halus. Jika terlalu kental panaskan sebentar di panci berisi air mendidih hingga menjadi agak lumer. 

Panggang selama 30-40 menit, hingga brownies matang, tes dengan tusuk gigi untuk mengetes kematangannya, kalau dah nggak lengket berarti sudah matang, angkat dan biarkan dinging baru kemudian siap dipotong dan diberi garnish sesuai selera. jika ingin dikukus ,Kukus kue selama 45 - 50 menit atau hingga brownies matang dan tidak lengket saat di tusuk dengan lidi. Keluarkan dari dalam dandang.















0 komentar:

Posting Komentar