"no one is born a great cook, one learns by doing"

Rabu, 16 April 2014

Molten Lava Cake, Callange YKMK 3 with Chefmate






Coklat, salah satu makanan yang nyaris semua suka. Pertama denger YKMK ngadain challenge dengan tema coklat, waahh dah semangat banget. Kali ini YKMK berkolaborasi dengan coklat chefmate, disaat pada bingung nyari coklat ini, aku tenang tenang aja, karena kebetulan TBK langgananku menjual coklat ini. Aku beli bahkan sebelum challenge dimulai, tapiiii...., bikin cake callenge kali ini sukses bikin aku GALAU banget. hehehehehe....




Tau kenapa galau?? ini memalukan tapi aku berkali kali nggak PD sama cake hasil bikinanku. Aku bingung nentuin mau bikin cake dengan rasa standar dan di hias cantik, atau bikin cake dengan mentingin rasa tapi penampilan biasa aja???...., gara gara itu aku sibuk mikirin harus bikin apa, dan mulai berfikir mungkin aku nggak usah ikut challenge aja kali ini, tapi coklaaaattttt, sayang baget kalau nggak ikutan. hikhikhik.......



Karena peserta boleh mengirimkan 2 karya masakan, baiklah untuk yang pertama ini aku bikin cake untuk memanjakan lidah, dan semoga yang kedua aku bisa sukses posting dengan sedikit memanjakan mata. hehehehehe......, Maksudnya yang kedua kepengen bikin cake dengan tampilan yang cantik, aku belum mahir dalam dunia perbakingan, belum bisa bikin cake istimewa dengan dekor yang cantik. huhuhuhu...., ahirnya aku bisa mengambil kesimpulan aku cuma bisa memilih salah satu. hmmmm....., ok sudahlah pada ahirnya aku kembali berfikir, cake apa yang enak tapi mudah bikinnya. Banyak resep yang aku baca, dan yang termudah sepertinya Molten Lava Cake, rasanya enak dan bikinnya super mudah, anak kecil Junior Master Chef aja bisa bikin, masa aku nggak bisa, begitu pikirku. Hehehehe....




Resepna aku copy dari sajian sedap, tanpa aku rubah sedikitpun. Dan rasanya hemmmmm nyoklaaaatttt dan lembuuttt bangettt..., sengaja memang aku nggak bikin saus apapun, karena aku pengen cakeku rasa coklat original, hemmmmmm nggak menyesal aku bikin cake ini, walaupun nggak bisa makan banyak banyak, karena selalu ingat badanku bakalan semakun mengembung kalau makan terlalu banyak kalori, tapi kali ini aku melanggar segala macam peraturan itu. dan inilah resepnya, simpel, mudah banget dibikinnya, bahkan anak kecilpun bisa bikin, trust me ^-^

Bahan:
150 gram dark cooking chocolate, potong – potong ( aku pakai chafmate )
75 gram mentega tawar
4 butir telur
1/4 sendok teh garam
125 gram gula pasir
75 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh baking powder

Bahan Taburan (aduk Rata):
1/2 sendok makan gula donat


Cara membuat:
  1. Lelehkan potongan dark cooking chocolate dan mentega dalam wadah yang direndam air panas, sampai larut. Sisihkan.
  2. Kocok telur, garam, dan gula pasir 5 menit sampai kental. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan campuran dark cooking chocolate. Aduk rata.
  3. Tuang di cetakan muffin pendek  besar yang dioles margarin .
  4. Oven  dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius 13 menit sampai matang.
  5. Segera balik dan sajikan hangat setelah  ditabur bahan taburan.



Mudah??? iya memang bikin cakenya mudah, tapi aku lupa memperhitungkan satu hal. Ternyata fotografinya sama sekali nggak mudah. Kenapa??? karena bener bener deh fotoinnya harus cepat supaya masih dapet melt nya waktu difoto, nggak sempat mikir properti, nggak sempat posisinya gimana, asal jepret jepret aja. Mungkin karena aku masih amatir banget dan belum berpengalaman kali ya, jadi nggak memperhitungkan sebelumnya. Harusnya aku prepare dari awal, jadi bagitu cake matang bisa langsung di foto. Bagi foodie blogger yang sudah berpengalaman, hal seperti ini mudah dan sepele sekali, tapi buatku yang masih amatir terasa sulit. Jeleknya, aku nggak pernah bikin konsep sebelumnya, aku melakukannya dadakan begitu makanan siap. Next time semoga aku nggak grubak grubuk lagi deh, hehehehe.....

















0 komentar:

Posting Komentar