"no one is born a great cook, one learns by doing"

Rabu, 02 April 2014

Choco Strawberry Mochi






Beberapa waktu lalu aku bikin choco mochi dengan isian strawberry dan coklat. Awalnya aku kepikiran bikin mochi ini karena liat video tutorial masak asal jepang " cooking with the dog ", mochi isi strawberry, cuma di video itu pakai kacang merah sebagai fillingnya, sedangkan aku pakai coklat. 





Bikin mochi juga nggak semudah yang aku kira ternyata, pas ngukusnya itu proses ngangkatnya harus hati hati sekali loh, kalau kurang hati hati bisa pecah dan coklatnya bisa keluar semua, karna selama dikukus menjadi cair sekali. jadi makannya ditunggu dingin dulu, atau bisa juga dimasukkan kedalam lemari es.




Sebenarnya resep mochi asli jepang kulitnya dimasak dulu baru dibentuk dan diberi filling. Kalau aku pakai resep mochi yang seperti biasa orang indonesia bikin, kulitnya mentah, terus dikukus. Kalau aku bilang sih mirip bikin klepon ya adonannya, dan aku sangat nggak suka masak tepung ketan karena dia lengket lengket gimana gitu. hehehehe......, resepnya aku pakai resep dari blognya mbak Hesti ( Hesti's Kitchen) tapi aku modif sedikit Ini dia resepnya yang ala aku tapi ya, hehehehe... :

Bahan Kulit:

  • 250 gram tepung ketan putih
  • 50 gr bubuk coklat, (resep asli pakai tepung ketan hitam)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 80 gram gula pasir halus
  • 10 gr tepung maizena
  • 1 sdm minyak goreng
  • 100 ml air biasa
  • 50 ml air panas
  • 1/2 sdt vanili bubuk


Bahan Isi :
  • 500 gr strawberry segar utuh, cuci bersih dan buang daunnya
  • 200 gr DCC, lelehkan masukan ke lemari es sebentar, hingga dia menggumpal tapi belum membeku, masih bisa dibentuk dengan menggunakan tangan.

Bahan pelapis:
  • 200 gr tepung maizena sangrai
Cara pembuatan :

Kulit :

  1. Campurkan tepung ketan, bubuk coklat, gula, garam, vanili bubuk, aduk hingga rata, tambahkan minyak aduk lagi.
  2. Campur maizena dengan 50 ml air ( diambil dari 100 ml air biasa ) aduk rata. tuang air panas aduk rata.
  3. Campurkan maizena kedalam adonan tepung, aduk rata. Tambahkan sisa air kedalam adonan, aduk rata sampai adonan kalis, tutup adonan dengan plasik diamkan selama 10 menit.

Isi :
Balur seluruh permukaan strawberry dengan coklat hingga seluruh permukaan strawberry tertutupi dengan lapisan coklat tebal ( tapi janan terlalu tebal karena dia bisa meletus saat dikukus ).

Penyelesaian :
Ambil sebagian adonan, beri isian strawberry, bentuk bulat, kemudian kukus selama kurang lebih 5 - 10 menit, setelah matang angkat dengan spatula yang telah diolesi miyak, dan segera balur dengan pelapis ( maizena ). Bila dirasa kurang manis, bisa dimakan dengan dengan dicelupkan kedalam coklat ganache.

 
Ini mochi perdanaku, sebenernya bagi yang nggak suka asam, bisa di skip nih penggunaan strawberrynya, bisa pakai coklat aja, atau diganti dengan isian lain seperti kacang merah, kacang hijau, dll. Bikinnya penuh perjuangan, makannya sekejap. hehehehehe...., next time aku pengen nyobain bikin mochi dengan menggunakan kulit mochi yang sudah matang, yang pakai mentega itu, tapi entah kapan, hehehehe.....





6 komentar:

Anis Restu Pratiwi mengatakan...

owalah mochi ki dari tepung ketan yo mbak hiihihihi

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

iyo nis, emang dari tepung ketan hehehehehe

elrossam mengatakan...

mba, kulit mochinya jd keras ga sih kalo udah lama d diemin? :/
aku pernah bikin yg pake resep ini, tp mochinya cuma kenyal wktu baru masak doank :(

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

Kemarin sy bikin nggak, atau mungkin karena sy habis masak nggak sampai sejam sudah habisbdimakan, kalau mau yg awet empuk pakai yg tepung ketannya diamasa sj , tp sy blm bs pakai resep itu krna bentuknya susah, hehehe

elrossam mengatakan...

kirain bisa jadi kenyal lama pake yg dikukus belakangan mba :/
aku biasanya pake yg adonan'y d kukus duluan ni mba. biar ngbentuknya ga susah, kukusnya d cetakan yg kecil2... jadi satu cetakan buat dua biji kulit gitu, tp slese'y lamaaa mba -_-

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

saya kemarin ngga pakai cetakan sih cuma dibuletin gitu aja, hehehehe... next time deh kalau pengen bikin mochi lagi sy coba yang di kukus dulu, cuma belum tau kapan sih, rada remponk nih bikinnya, abisnya cepet, hehehhehe, btw makasih ya sarannya, bermanfaat sekali :)

Posting Komentar