"no one is born a great cook, one learns by doing"

Senin, 05 Mei 2014

Spicy Cheddar Cheese Pizza ( lebih terasa kejunya ^-^)


Kemarin teman temanku main ketempatku Widya Utami sama Vita, kami berencana masak masak hari itu. Kangen banget karena memang kami jarang ketemu. Padahal dulu jaman ahir ahir kuliah kami nyaris setiap hari sama sama, makan bareng, kekampus bareng, bahkan kadang menginap bareng, kangen banget masa masa itu. hehehehehehe.....


Widhya  yang memang menginap ditempatku pagi pagi dah aku ajak belanja keperluan memasak. Untungnya hari itu dia lagi ibur kerja, sedangkan Vita sama Utami baru bisa datang ditengah hari aja karena mereka kerja setengah hari. Hmmmmm ceritanya mereka mau protes, karena sering ngiler kalau lihat postingan makanan yang aku share di FB, hahahhahaha...., katanya mereka harus dimasakin masakan yang mereka pengen, dan bahkan mereka bilang : pokoknya sebelum kamu mulai kerja dan pindah ke Jakarta kamu harus masakin kita kita masakan yang pernah kamu posting, yang kami belum pernah makan. hahahahah okeeeeee dan aku menyanggupinya (walaupun dalam hati aku puyeng juga, masak segitu banyaknya dalam sehari, hahahaha...)


Berlebihankah sikap mereka??? jawabannya sama sekali enggak. Mereka begitu karena mereka tau, aku sebenernya belum lama juga masuk dapur, hehehehe..., iya bener, serius belajar masak belum lama, kalau sekedar memasak sehari hari dari dulu sudah bisa sih. Serius belajar masak saat 5 bulan lalu blog ini aku bikin, hemmm senang sekali dah banyak yang baca blog ini, meskipun baru beberapa bulan dibikin. Aku belajar banyak dari bloger blogger yang dah lebih senior, baik secara fotografi maupun resep resep masakan. Jadi nggak heran kalau kadang temanku heran, darimana aku belajar memasak. heheheheheh....., Kemarin temen temenku nagih pengen dibikinin cheddar pizza, sama seperti yang kemarin aku bikin, cuma bedanya kali ini aku tambahin susu di sausnya, dan pedaaasss..., resepnya sama seperti kemarin ya,

Bahan Roti :
  • 150gr tpung terigu protein sedang
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 1/2 sdm fermipan
  • 1/2sdm minyak goreng
  • 1sdm margarin
  • air secukupnya
  • Sejumput gula dan garam
Cara:
  1. Campur tepung terigu, sejumput gula dan fermipan hingga rata.
  2. Masukkan telur yang telah dikocok lepas. Aduk rata.
  3. Tambahkan minyak goreng dan air secukupnya. Adoni sampai setengah kalis.
  4. Masukkan margarin & sejumput garam. Uleni kembali hingga benar-benar kalis elastis.
  5. Tutup adonan dg kain basah. diamkan 30mnit. (Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas) Setelah adonan mengembang, adonan siap ditata diwadah

Bahan saus :
  • 100 gr kornet sapi
  • 100 ml susu cair ( plain )
  • 1/2 bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdt merica butiran, dihaluskan ( aku pakai merica butiran karena dia lebih terasa rasanya )
  • 8 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tomat
  • 1/4 sdt kaldu bubuk rasa sapi 
  • 1 sdt gula (atau secukupnya)
  • garam secukupnya
  • 1 sdm mentega untuk menumis
Topping:
  • 150 gr keju cheddar parut ( atau secukupnya sesuakan selera )
  • 4 buah sosi , potong potong
Penyelesaian :
  1. Panaskan oven pada suhu 200 derajat celcius. 
  2.  Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukan kornet, tunggu sampai kornet sedikit berubah warna kemudian tambahkan susu cair, masukan semua bahan sambil terus di aduk. Untuk garam beri sedikit aja ya, karna kornet dan kaldu bubuk kan sudah asin, masak sampai mengental kemudian angkat.
  3. Siapkan adonan pizza , tata di atas loyang yang telah di olesi dengan mentega seperti biasa tipis di bagian tengah dan tebal di pinggir adonan, kalai mau di bagian pinggir bisa di isi dengan keju atau sosis. Tuang saus di atasnya, sedikit tebal saja nggak apa karena sausnya berbumbu dan mengandung daging juga ( kornet bisa diganti daging cincang ya..), taburi parutan keju dan tata potongan sosis di atasnya.
  4. Panggang sampai kulit kecoklatan dan topping keju cheddar mulai keemasan, itu tandanya pizza matang dan siap disajikan. Bila ingin masak pakai magicom bisa saja, proses memasak bisa dilihat di pizza magicom


Jadinya nggak beda jauh sama kemarin ya, cuma yang ini lebih pedaaaassss bangetttt heheheheheh, bagi yang suka pedas bisa coba resep pizza yang satu ini yaaa, nggak bakalan nyesel deeh, rasanya creammy dan gurih ^-^, selamat mencoba yaa







2 komentar:

Azzahra Azmi mengatakan...

Mau nyobaaa ini mbak tp mbak siwi yg ngulenin yaaaa hihihhhiii

Siwi Nona Tobeli mengatakan...

raraaaaaa,,,,, miss u banget deh kutunggu kedatanganmu di kantor yaaa, hahahahah ogah ngulenin bikin tangan jadi berasa tangan kuli hahahahah

Posting Komentar