"no one is born a great cook, one learns by doing"

Selasa, 25 Februari 2014

Rujak Buah



Rujak makanan yang paling enak dimakan pas cuaca panas, segerrrr banget. Ada banyak macamnya, ada yang buahnya di serut, ada juga yang buahnya ditumbuk ( aku belum pernah makan yang ditumbuk, karna aku sedikit nggak berselera dengan bentuknya, hehehehe, tapi orang bilang sih enak ) . Yang aku bikin rujak biasanya dengan dipotong potong gitu aja dan di cocolin ke sambalnya biasa juga disebut "Lotis".




Kenapa aku bikin rujak buah????....,karna ceritanya lagi ber diet, hahahahahaha...., tapi jangan salah yaaa rujak buah ini juga mengandung banyak kalori loh, per 100gr nya mengandung kurang lebih 240 kkal waaaa banyak juga yaaa, hahahahahaha...., tapi karna aku susah makan buah gitu aja ya sudahlah, tetep makan rujak juga. Tapi rujak yang aku bikin nggak aku kasih kacang seperti yang biasa kita beli di tukang rujak. Aku juga bikin sambelnya rada encer tapi pedaassss 



Sebenernya buah dan sambelnya bisa sesuai selera lah ya, dan aku yakin semua dah fasih banget bikin makanan yang satu ini. Secara rujak makanan yang popuer banget di negara kita, sejenis salad buahnya indonesia lah yaa ^-^.... hehehe...., Aku kemarin bikin dengan menggunakan buah buahan yang kira kira aku suka dan doyan aja, diantaranya : nanas, jambu biji, semangka, pepaya, bengkuang, mangga kweni yang masih muda, belimbing muda, kedongdong, sama timun. Aku makan berdua doang sama adekku, hahahahaha,...., gara gara kami diet, tapi sama aja deh kalo makan rujaknya sebanyak itu hehehe....


          

Tuh bisa dilihat kan kuahnya encer banget hehehehe, biasanya sambel rujak kan sedikit pekat gitu, hehehehehe...., aku memang suka sambel rujak yang encer gitu tapi pedes. Sekali lagi karna ini tergolong makanan yang populer sekali di indonesia jadi memang disesuaikan selera masing masing yaa, tapi cara bikin bumbunya tetep aku share, dengan bahan ala aku yaaa. Buah buahan yang aku pakai seperti yang aku sebut di atas dan dipotong potong, buah buahan ini bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera masing masing 

Cara membuat sambal rujak :


200 gram gula merah, disisir halus
1/2 sendok teh garam
50 gram nanas, dipotong-potong
50 ml air asam dari 2 sendok teh asam jawa dan 50 ml air, dilarukan
5 buah cabai rawit merah
1/2 sendok teh terasi goreng 
air matang secukupnya

Cara membuat:
  1. Bumbu haluskan cabai rawit, terasi, dan garam hingga halus.
  2. Tambahkan gula merah, dan nanas. Tambahkan air asam jawa dan sedikit air lalu aduk rata sampai encer.
  3. Sajikan potongan buah bersama bumbunya. 


Buah yang aku pakai memang sedikit banyak, karna ada buah yang aku suka tapi adikku nggak suka, begitu juga sebaliknya. Aku suka rujak dengan buah yang asam asam, tapi adikku lebih suka yang rasanya cenderung manis, hehehehe.....( dan baru aku sadari belimbing mudanya bikin penampilan rujakku sedikit mengerikan dan kelitan nggak segar di foto, hehehehehe...., nggak tau kenapa belimbing muda setelah dipotong rada lama jadi jelek gitu warnanya, rapi rasanya oke banget kok hehehe....)











0 komentar:

Posting Komentar