"no one is born a great cook, one learns by doing"

Jumat, 14 Februari 2014

Callenge #2 YKMK 2014 " Surprise in Pinky Cake"






Kemarin aku sama adikku bener bener bersemangat waktu bikin cake untuk callenge ini, karna memang temanya pink, dan kebetulan sekalian dia juga pengen bikin cake coklat buat pacarnya. Awalnya pengen bikin cupcake yang lucu lucu gitu, tapi kali ini aku pengen yang sedikit beda, karna ada makna dibalik kue yang aku bikin ini, hehehehehe....., dan aku lumayan senang sama hasilnya ( ini pertama kalinya aku menghias cake full gini, biasanya palingan cupake doank, jadi kalu nggak rapih mohon maaf yaa...hehehehe),  rencananya aku mau foto esok paginya, eeehhhh tadi pagi Solo malah hujan abu hebat banget, debu ada dimana mana, masuk rumah pula, padahal Solo jauh lo dari gunung Kelud yang meletus itu. Tapiiiii ya sudahlah alhamdulillah siangnya dah mendingan kondisinya, jadi meskipun dengan kondisi darurat dan jauh dari mood, cake ini aku foto juga. Hasilnya jauh dari yang aku harapkan, tapi ya sudahlah hehehehe....




Valentine memang bukan hari yang aku rayakan, karna hari kasih sayang buatku ada setiap hari. Tapi tiap valentine aku selalu ingat Onyet. Bukan karna aku selalu merayakan valentine bareng dia, justru nggak pernah, eh pernah sekali sih dulu di awal jadian, hahahahaha..... Kisahku sama dia bukan hal yang enak diceritakan, mengingatnya aja kadang aku nggak mau. Tapi aku nggak pernah bisa memungkiri dia memang mengisi sebagian besar hidupku selama lima tahun ini. Aku tau kami nggak normal seperti pasangan lain, tapi kami special, saling menyakiti tapi selalu kembali. Dia yang paling kubenci tapi dia yang paling kurindukan , hahahahhaha.....




Kenapa dengan kue itu???? yuppp "surprise" yang keliatannya biasa diluarnya, ternyata dari dalamnya keluar sesuatu yang mengejutkan. Kayak aku sama onyet, heheheheh....., walaupun keliatannya kita biasa aja tapi banyak warna dan cerita. Mungkin sekarang kita lagi dalam kondisi nggak baik nyettt, dan meskipun aku nggak tau apa yang terjadi besok diantara kita, kamu akan selalu jadi orang yang terspesial buat aku, makasih dah jadi orang yang mengerti aku selama lima tahun ini, dan semua hal jahat yang kamu lakukan kemarin, nggak sebanding sama apa yang dulu dulu pernah kulakukan, makasih dah mengorbankan semua yang kamu punya buat aku, kamu orang yang paling mengerti aku, dan mau nerima aku apa adanya, dan sesakit apapun saat ini semoga kita bisa melewatinya dengan baik apapun hasil ahirnya .hehehehehe.....




Basecake nya aku pakai whitecake ala mbak Nina Naura, yang aku lihat di blognya mbak Veronica Dhani, resepnya sama persis, alasannya karna cake ini sangat mudah bikinnya, tinggal campur semua bahan, kocok, kukus, dan tadaaaa jadilah cake, hehehehehehe...., cuma presentasinya aja yang aku bikin sedikit istimewa, ala ala ombre cake, tapi dalamnya aku kasih choco ball, jadi pas dipoong chocoball nya berhamburan keluar, seneng aja pas bikinnya kayak dapet mainan baru gitu hihiihihi......,

Bahan :

  • 225 gr gula pasir
  • 250 gr terigu segitiga biru  (protein sedang)
  • 200 ml putih telur (+/- 6 butir, tergantung besar kecilnya telur)
  • 100 ml minyak sayur
  • 1 sdt cake emulsifier (saya pake ovalet)
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 42 gr (1 sachet) susu kental manis
  • 5 gr susu bubuk
  • 100 ml air
  • Pewarna pink
Pelengkap :
  • Butter cream warna pink muda, pink tua, dan putih
  • Choco ball warna warni untuk isian
  • Springkle untuk taburan
Cara :
  1. Campur semua bahan, kocok, sampai putih mengental, pisahkan jadi empat bagian, beri pewarna pink beberapa tetes hingga membentuk gradasi warna pink. Misalnya untuk membuat warna terang teteskan satu tetes, untuk warna setingkat diatasnya berikan dua tetes, begitu seterusnya hingga mendapat warna yang diinginkan.
  2. Masukkan dalam loyang yang telah diolesi minyak dan tepung, kukus dengan api sedang sampai matang. (kukus bergantian menurut warnanya yaa)
  3.  Cake yang telah matang dan dingin siap disusun , beri buttercream pada tiap tiap bagian yang ditumpuk, untuk cake kedua dan ketiga dilubangi, kemudian masukkan chocoball dan tutup dengan cake lapisan terahir. Olesi dengan buttercream secara rata pada semua bagian cake kemudian garnish sesuai selera finishing taburi dengan springkle, aku pakai cara mudah dan sederhana berhasil juga bikin gradasi warnanya, meskipun nggak rapi. hehehehehe



Mungkin agak ribet ya penjelasan resepku, aku binging merangkai kata , hehehehe...., lain kali aku sertai step by stepnya deh kalau bikin cake macam ini lagi, heheheheh......., ini cake walaupun hasilnya masih amburadul tapi aku bikin dengan penuh cinta loohh, bukan buat onyet aja, tapi juga buat adikku dan teman temanku, luph you all 















0 komentar:

Posting Komentar