"no one is born a great cook, one learns by doing"

Rabu, 12 Februari 2014

My Silk Painting For The Great Final Assignment


Belakangan ini adikku dan juga teman teman yang tinggal serumah sama aku lagi puyeng puyengnya ngerjain skripsi dan TA (Tugas Akhir) mau nggak mau mereka harus begitu kalau ingin wisuda tahun ini. Omong omong soal TA aku jadi inget 1,5 tahun lalu aku juga ngalamin tuh kayak yang mereka rasain sekarang. Bahkan lebih jatuh bangun lagi mungkin, hehehehe...., ngerasain yang namanya nggak tidur ngerjain karya dan laporan karya. Ngerasain sengsaranya harus muter muter nyari alat buat karyaku yang nggak ada di Solo jadi aku harus bulak balik Jogja dan bahkan Jakarta, buat nyari satu dua botol cat, yang habisnya kadang nggak barengan. Yang paling parah dipenghujung TAku harus ngerasain patah hati pula, hahahah....upppsssss bukan saatnya untuk curhat kali ini, atauu minimal nggak untuk sekarang hehehe......

UntukProyek TA ku, aku mengambil perancangan pakaian wanita dewasa dengan teknik Silk Painting, kenapa silk painting ? karna teknik ini masih tergolong jarang di Indonesia nggak se beken batik, ikat celup, atau teknik tekstil lain. Selain alasan itu aku memang suka drawing dan painting ( meskipun nggak mahir yaa hehehehe ) ,   sejak kecil dah suka, lucunya aku kecanduan menggambar suster dan orang yang sakit di rumah sakit dan di infus ( masih kecil banget waktu itu, mungkin usia TK deh, aku suka ikut ibuku ngerjain tugas kuliahnya waktu itu, terus ngabisin kertas HVS buat gambar itu suster sama orang sakit yang di infus dan gambarnya samaaa semua, sampai sekarang aku nggak tau motivasiku bikin gambar itu apaan, tapi bapakku bilang suruh kasih tanggal itu gambar supaya bisa dilihat perkembangannya, tapi nggak kulakukan hehehehe...). Mungkin karna orang tuaku menganggap kegiatan anehku itu sebuah bakat makanya aku diarahkan ke bidang itu, les, lomba, dll sampai aku lulus kuliah. Makasih bapak ibu dah jadikan aku seperti sekarang, love you so much...
Ok back to silk painting, kalau waktu kecil aku menggambar pakai pastel dan kertas, melukis dengan cat minyak dan kanvas, sekarang aku menggambar dengan media kain sutra. Waktu aku bilang ke ibuku mau pakai bahan dasar sutra buat karya TAku ibu langsung bilang " waahh mahal amat pakai sutra" trus aku bilang ke ibuku " justru disitu uniknya buukkk", dan memang bener ibuku bilang, habisnya nggak sedikit. Dari 6 baju yang aku bikin, aku ngabisin kurleb 20 meter kain sutra, belum cat dan peralatan lain, maafin aku ya ibuuukkkk huhuhuhuhu......,tapi ibuku bilang terbayar sama hasil yang aku kasih ke ibu dan bapakku....



Buat baju di atas ini aja aku ngabisin 6 meter sutra jenis crape karna dia dua lapis, dan buat dapetin efek flare potongan polanya melingkar. Ini baju sebenernya lucu banget sayangnya posisinya nggak terlalu mendukung sih jadi efek ringan dan melayang dari bajunya jadi nggak terlalu nampak. Sutra jenis ini memang nggak terlalu mengkilat kayak sutra kebanyakan karna desain aku memang casual, tapi kalo aku suruh pakai pakaian casual pakai sutra gini juga ogah deh, mehoolllll hehehehehe...., apalagi desainku mengambil model all size yang memang membutuhkan bahan yang banyaakkk, tapi ya sudah deh semua dah terlewati dengan lancarrrr meskipun penuh derai air mataa , heheheheh....



Keliatannya biasa ya?? tapi jangan salah buat bikin motifnya itu aku harus nahan napas berkali kali, hehehehe, kenapa?? karna dia nggak pakai perintang warna sama sekalii, bisa dibayangkan menggambar diatas kain dengan media air pasti meleber kemana kemana kalau nggak pakai perintang warna, lebih jelasnya nanti deh aku jelasin apa dan bagaimana teknik Silk Painting, yang pasti beda sama teknik tekstil lainnya. Tapi bikin motif diatas paling cepet dibanding dengan baju baju lain, hanya memakan waktu 4 jam, rekor tercepatku, dibanding baju kuning diatas yang aku kerjain nyaris selama 2 bulaaannnnn, hehehhe, mungkin karna dah terbiasa juga, karna ini baju memang desain terahirku.




Yang bikin baju baju ini sampai saat ini cuma tertata rapi di lemari tuh karna selain motifnya pakai perjuangan bikinnya, proses jahitnya juga semua dikerjakan dengan di jahit tangan, supaya nggak terlihat jahitannya dan supaya lebih rapih. Sepesial thanks banget buat temen aku tersayang Astika Lutfi Lukito yang dah bener bener bantuin aku abis abisan jahitin ini baju baju, sampai di bela belain nginep segala, dengan hasil yang rapiiiihhhhhh muah muah deh as pokoknya. heheheh, makasih juga buat dosen pembimbingku Pak Ari dan Bu Tiwi yang dah dengan sabar membimbing aku. Karena beliau beliau inilah aku bisa menyelesaikan TA ku. 




Ada kejadian lucu, pas proses photo shoot  ini dilakukan baju baju itu belum sepenuhnya selesai loohh hehehehe..., aku sih berharapnya nggak keliatan karna masih banyak jahitan bantuan disana sini karna belum selesai proses finishing, hahahahahaha.... oh iya ngomong ngomong soal photo shoot, ini juga dilakukan dengan banyak perjuangan loohhh, bayangin aja kami dah prepare dari jam 5 pagi, bahkan si Reka yang make up in model ku sampai nginep ditempatku. Kita sengaja memang mau ambil foto pas pagi pagi, eeeehhh nggak taunya malah ujan , yaaahhhh sedih bangettttt , nyaris batal deh, tapi nggak bisa ditunda lagi aku dah dikejar deadline, ya udah gimanapun hasilnya hari itu kami tetep ngelakuin photo shoot, begitu hujan reda kami langsung berangkat ke lokasi deh. Pasrah aja lah judulnya hari itu...




Dengan suasana yang grubak grubuk, ahirnya kita bisa juga ngelakuin semua proses dengan lancar, walaupun sialnya pengambilan fotonya pas tengah hari bolong, saat matahari tepat diatas kepala, tapi ya sudahlah apa adanya aja. Melelahkan memang membawa properti yang segambreng banyaknya, untung aku dibantu orang orang yang luar biasa. Makasih banyak buat adikku Wenny , buat Vita, dan Astika yang dah ikut berlelah lelah ria dari pagiii bantuin aku ini itu hihihihihihi...Buat fotografer and make up artisku Rauf sama Reka, buat model model cantikku Meytra dan Grace. You are my best team guys .....luph luph luph


Meytra dan Grace yang cantikkk makasih yaa ^-^

Bukan perkara mudah merubah dua modelku yang masih belia jadi wanita dewasa sesuai karakter yang aku mau, apalagi Grace yang saat itu masih 15 tahuuunnn, tapi berkat Reka mereka bisa disulap jadi dua wanita dewasa sesuai yang aku mau dan bener bener jadi dua karakter yang berbeda satu dengan yang lainnya. heheheheh...., Big thanks for Reka Dian Utami....., makasih juga buat Rauf yang dah bantu aku mewujudkan foto foto yang cantik sesuai yang aku mau, dari ujan gerimis sampai panas terang benderang, hehehehe.....



Nggak bisa dijelasin deh gimana susahnya waktu itu, aku yang harus berkotor kotor ria dengan cat setiap harinya, yang harus begadang ngetik pengantar karya, harus ngerepotin banyak orang, harus ngabisin banyak uang ortu,huhuhuhu.....Melihat ke galauan mereka saat ini ( Wenny, Nea, dan Yuli ) aku jadi sejenak mengingat masa lalu dan mengetik sampai selesai tulisan ini. hehehehe......







0 komentar:

Posting Komentar