"no one is born a great cook, one learns by doing"

Sabtu, 21 Maret 2015

Makaroni Schotel dan Infused Water, on Our Weekend



Weekend kali ini aku sama adikku niat banget masak, tapi kemarin pas aku belanja mingguan smua belanjaanku nggak nyambung, hahahaha....,alhasil jadi bingung kan mau masak apa, ada makaroni satu pack yang kemarin aku beli dan belum tau mau aku masak apa, karena mau di bikin sup juga aku lupa nggak beli sayurannya. Ahirnya kami memutuskan masak makaroni schotel aja, seingatku sih bahan bahannya ada semua, susu, keju,sedikit ayam cincang, smoked beef juga ada, ya sudahlah kami bersiap memasak.


Tapiiii woalaaa, kami lupa kalo kami nggak punya telurr sebutirpuuuunn hahahahaha....., padahal smua bahan udah siap dan tinggal memasaknya. Ah ya sudahlah kami tetep niat masak kok walaupun tanpa telur, udah kepikiran di otakku nanti masih bisa padat meskipun tanpa telur, asal saus nya di bikin kental, tapiii......


 Masalah selesai? ooo tentu tidaakkk ternyata kami baru menyadari kalo sekotak keju utuh yang kami punya itu bukan keju cheddar melainkan keju oles yang biasa kami pakai untuk makan roti. hahahahaha.... itulah kekonyolan kami untuk kesekian kalinya...


 Dan hasilnyaa??? yummiiieee nggak masalah sama sekali meskipun tanpa telur. Dan jangan tanya rasa kejunyaaa meleleeehh banget di mulut. Memang sih awalnya aku rada bingung gimana yaa caranya makein topping keju dengan keju oles, aku siasati dengan memasukkannya ke dalam freezer dan kalau sudah beku, parut dan tuangkan di atas adonan. Rasanya?? kalau buat aku lebih creammy and yummie, gara gara kesalahan ini aku jadi mikir ada baiknya kalau bikin makaroni schotel pakai aja keju jenis ini, pas matang atasnya meleleh dengan cantiknya meskipun nggak pakai mozarella. Niat mencoba?? nih aku share resepnya, super gampang, dan aku jamin bagi kalian yang suka jajan makaroni schotel bakalan lebih memilih bikin sendiri. hehehehe....



Bahan :
  • 120 gr makaroni, rebus sampai aldente dan angkat ( saat merebus tambahkan sedikit minyak supaya nggak lengkett yaa, tambahkan juga sedikit garam )
  • 4 lembar smoked beef, atau bisa juga menggunakan sossis, potong memanjang
  • 100 gr daging ayam cincang (boleh di ganti kornet)
  • 200 ml susu cair
  • 50 gr jamur kancing, cincang kasar
  • 1 sdm keju oles
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt oregano
  • 1 sdt lada bubuk, atau sesuai selera
  • 1/2 buah bawang bombai ukuran besar, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • garam secukupnya
Topping :
75 gram keju oles parut ( cara memarutnya di bekukan lebih dahulu seperti diceritakan di atas, atau kalau punya keju cheddar pakai keju cheddar saja lebih praktis)

Cara Membuat :
  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan ayam dan jamur kancing, masak hingga bawang bombay layu dan ayam matang, tuangkan susu cair, masak hingga susu meletup letup (masaknya dengan api kecil saja yaa), tambahkan keju, kaldu bubuk, oregano, lada dan garam aduk aduk (pastikan keju larut), kemudian tambahkan tepung terigu, aduk terus sampai mengental.
  2. Masukkan makaroni dan smoked beef ke dalam saus saat saus masih panas, kemudian aduk hingga bercampur rata. Tuang kedalam double pan yang telah di olesi mentega (tidak juga tidak apa apa), atau bisa juga di masak menggunakan teflon, kalau di masak dengan teflon pastikan di tutup dengan rapat ya. 
  3. Taburi adonan yang telah di masukkan ke dalam pan dengan keju, masak dengan menggunakan api kecil sekitar 15 menit, jika di ceck bagian atas adonan sudah kecoklatan dan keju telah meleleh segera angkat. Dan makaroni Schotel siap di sajikan.


Catatan : Bila dirumah tidak ada double pan bisa dimasak dengan teflon, dan kalau teflon tidak ada bisa menggunakan magicom. Yang perlu di perhatikan hanyalah waktu memasaknya. Beda alat memasak beda juga prosesnya, jika menggunakan teflon pastikan api benar benar kecil dan ditutup dengan rapat supaya matang merata. Nah kalau mau pakai magicom juga bisa, tapi proses masak sedikit lebih lama, bila tombol cook berubah ke warm, tekan kembali ke tombol cook, begitu seterusnya sampai makaroni matang (seperti cara masak pizza magicom yang pernah saya posting sebelumnya). 

Naaahh mudah kan bikinnya??? anak kospun bisa kok bikinnya, aku sama adikku aja bisa kalian juga pasti bisa ya temaaaannsss, hehehehe...., nah untuk teman makan makaroni ini, adikku bikin infused water yang sudah dia bikin kemarin dan disimpan dalam kulkas.



Tau dong kalian dengan minuman ini ??? beberapa waktu lalu pernah sangat booming, dengan segala rupa khasiatnya. Tapi bagi kami??? infused watter hanya cara lain minum air putih aja, hehehehe........, 


Kenapa kami memilih orange, karena kami punya banyak jeruk dan belum dimakan makan juga. Ceritanya beberapa waktu lalu calon mama mertua (ciyeeeee) bawain banyak apel dan jeruk, dan kami memang tipe manusia yang malas makan buah, terutama yang makannya ribet macam jeruk ini, hehe..., alhasil adikku bikin jeruk jeruk itu infused water dan di simpan di kulkas. 



Dan hubungannya dengan makanan ini ada banget, jadi seimbang setelah makan yang terlalu creammy dan di netralkan dengan segarnya minuman berperasa jeruk, tanpa bahan pengawet dan perasa buatan, yang jelas bebas gula pulaa, hehehehe....., nah temans selamat mencoba yaa.......







1 komentar:

Marchella Winata mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar