"no one is born a great cook, one learns by doing"

Senin, 27 April 2015

Sosis Solo Basah


Siapa yang nggak kenal makanan satu ini, bagi warga Solo khususnya pasti udah familiar sekali dengan makanan yang satu ini. Sosis solo yang asli sedikit berbeda memang dengan sosis yang lain, adonannya bener bener terbuat dari dadaran telur, dengan sedikit sekali campuran tepungnya. Pembuatannya juga nggak di goreng tapi di kukus, memang ada versi gorengnya, tapi kali ini saya bikin yang di kukus. Di Solo jajanan seperti ini biasanya bisa ditemu di tukang jual sarapan di pagi hari, atau di tempat yang menjual Timlo Solo, karena pas banget dimakan bersama dengan timlo. Bedanya antara yang dikukus dengan yang di goreng adalah pada adonan kulitnya. Untuk yang di kukus lebih banyak menggunakan telur, sedangkan untuk goreng imbang antara penggunaan tepung dan telurnya.


Seneng banget kemarin ada kesempatan bikin makanan ini rasa kangen sama makanan ini jadi terobati. Dulu nyaris setiap hari  saya jajan sosis solo basah tiap sarapan, sesuatu yang nggak pernah saya temui selama tinggal di Jakarta.

Bahan kulit :

  • 5 butir telur ayam
  • 4 sendok makan tepung terigu (larutkan dengan air secukupnya hingga menjadi adonan yang encer)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
Bahan isi :
  • 600 gr daging ayam (rebus dan haluskan, atau boleh juga di suwir kecil)
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay cincang kasar
  • 2 batang daun bawang
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm gula pasir , sesuai selera
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt lada bubuk
  • garam secepatnya
Cara membuat :
  1. Kulit : campur semua bahan, aduk dengan menggunakan mixer (bisa juga dengan menggunakan wiker) sampai semua bahan tercampur rata dan licin, supaya tidak ada tepung yang menggupal saring adonan, kemudian dadar dengan menggunakan teflon tipis tipis.
  2. isi : campur semua bahan kecuali daun bawang dan bawang bombay,  tumis bawang bombay hingga harummasukkan bahan campuran ayam, masak hingga bumbu meresap tambahkan daun bawang dan tunggu sampai daun bawang layu lalu angkat dan biarkan dingin.
  3. Ambil selembar kulit sosis isi dengan 1 sendok ayam dan gulung, lakukan terus sampai kulit dan isian ayam habis, kukus selama kurang lebih 15 menit, angkat dan sajikan.




untuk sosis solo ini kebanyakan memang ukurannya sedikit lebih kecil dibanding dengan ukuran sosis kebanyakan . tapi rasanya dijamin nagiiihhhh, memang sih kalau orang kebanyakan mengatakan kalau makanan ini boros telur, karena memang bahan dasar kulitnya sebenarnya memang asli telur dengan tambahan sedikit sekali tepung, lain dengan sosis solo goreng yang rata rata dimasak dengan kulit yang adonannya sedikit telur. 


Sebenernya aku bikin sosis solo ini karena di minta sama calon mama mertua, hehehehe..., awalnya sedikit nggak yakin bakalan jadi, tapi alhamdulillah beliau suka dan di bilang enak. Mama itu sangat pandai memasak, jadi sering takut kalau mau bikin sesuatu dan nggak enak, tapi bersyukurnya aku jadi banyak belajar masak dari beliau, ternyata memasak itu nggak selamanya harus menggunakan takaran resep yang baku, cukup dengan filling saja, aku dah sering memasak dengan cara begitu yaa, tapi untuk blog biasanya aku sesuaikan deh takaran resepnya. Pokoknya lain kali aku share deh hasil belajar memasakku sama beliau, adikku juga seneng banget belajar masak dengan mamerku itu, sejak tinggal berdekatan sabtu minggu kami bertiga selalu masak bareng, efeknya lumayan deh bikin badan makin melar hahahahah..

1 komentar:

Marchella Winata mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar