"no one is born a great cook, one learns by doing"

Minggu, 23 Maret 2014

Steamed Strawberry Brownies


Apa bedanya brownies ini sama yang kemarin kemarin aku bikin??? sama aja sih kalau menurutku, cuma bedanya aku masukan strawberry segar yang kumasak dengan air gula. Rasanya memang sedikit beda, ada rasa manis dan asam asam gimana gitu. Aku bener bener bikin dari fresh strawberry, bukan dari strawberry jam atau pasta strawberry, jadi aroma dan rasa asam khas strawberrynya masih kerasa disini.


Ceritannya aku bikin ini gara gara aku punya banyak stok strawberry sisa aku masak kemarin, sayang kalau nggak dipakai. Kebetulan ada DCC cukup banyak jugaa, ya sudahlah jadilah aku bikin ini.


Hasilnyaaa... seperti dilihat pada gambar di atas, nggak terlalu pekat ya warna coklatnya?? karna aku campurin strawberry yang aku masak sama air gula, jadi warnanya sedikit kemerahan kan, aku masukin buah strawberry yang dimasak juga didalamnya, tapi nggak terlalu banyak, nanti jadi terlalu asam.



Aku terinspirasi dari resep milik Heather Disarro yang dia tulis di blognya, jadi dia bikin brownies strawberry tapi dia pakai strawberry cukup banyak diatasnya sebagai cover, aku nggak berani pakai terlalu banyak pakai strawberrynya takut terlalu asam dilidahku. Bahan bahannya adalah sebagai berikut :


Bahan bahan :
  • 170 gram dark cooking chocolate
  • 100 gram strawberry segar potong potong, masak dengan 100 ml air dan 50 gr gula hingga air menyusut dan mengental, ambil 3 sdm potongan dan air strawberry, sisihkan.
  • 75 gram margarin
  • 2 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • 75 gram tepung terigu
  • ½ Sendok teh baking powder
    Garnish :

    • 100 gr dark cooking chocolate , lelehkan

Cara Membuat Brownies Kukus

    1.     Lelehkan dark cooking chocolate dan margarin.
    2.     Kocok telur dan gula sampai larut.
    3.     Masukkan tepung dan baking powder yang sudah diayak dan diaduk rata.
    4.     Tambahkan cokelat cair, 4 sdm potongam strawberry beserta airnya dan margarin sambil diaduk rata.
    5.     Tuang dalam loyang brownies yang dioles margarin dan dialasi kertas. Sisihkan.
    6.     Panaskan kukusan dahulu setelah mendidih kemudian baru masukkan loyang brownies.
    7.     Kukus 20 - 30 menit dengan api kecil.
    8.     Angkat keluarkan dari loyang, kemudian belah dengan pisau yg tajam
    9.     Olesi bagian brownies yang telah dibelah dengan coklat leleh tunggu coklat mengeras dan letakkan potongan sisa rebusan strawberry beserta sedikit airnya diatasnya. Tapi kalau nggak suka terlalu asam tidak perlu pakai strawberry lagi. Selamat mencoba semoga bermanfaat




Rasanya asam asam manis gitu, tapi enak kok adikku sama temen temenku suka. Sedikit beda sama brownies yang pernah aku makan sebelumnya. Sejujurnya aku cuma suka brownies yang original atau paling pol dicampur keju doang, hahahahha...., aku kurang suka dengan rasa lain seperti kopi, kacang, pisang atau semacamnya. Ini pertama kalinya aku makan dan bikin brownies dengan rasa selain keju, dan ternyata enak juga ya hihihihi...






0 komentar:

Posting Komentar