"no one is born a great cook, one learns by doing"

Kamis, 20 Maret 2014

Mie Saus Ayam Manis Pedas


Sampai kehabisan kata kalau nyeritain berbagai olahan mie, aku suka mie apapun itu wujudnya. Jadi nggak heran kalau aku bisa dibilang cukup sering mengolah makanan yang satu ini. Kalau masak mie, biasanya berbumu pekat, dengan isian yang cukup berkalori, seperti telur, bakso, sosis, udang,dll


Tapi kadang suka mikir juga yaa, gimana caranya makan mie yang sehat, selain dimasak sama sayuran, suka eneg juga makan mie sama sayurrrrrr ( baca aku sedikit kurang suka sayur )



Hari ini sebenernya aku pengen bikin mie bumbu kari ayam, udah beli ayamnya, bumbu bumbunya juga udah, eeehhhh tapi apa daya kalau ternyata bubuk karinya malah abiissss, sebellll banget, padahal dah kebayang bakalan bikin apaan. Udah keburu laper banget, ahirnya muter otak, mau bikin mie yang kayak gimana dan belum pernah aku bikin sebelumnya.


Ahirnya aku mutusin bikin mie dengan saus ayam manis pedas, seadanya bahan yang ada dirumah dan dah terlanjur aku beli. Ini tergolong mie kuah loh, bukan mie goreng. Kuahnya encer dan tidak kental, karena aku mau kuahnya tetap ringan, segar, tapi masih berbumbu dan masih meresap kedalam mie. Untuk mie nya aku sengaja pakai spaghetti, selain teksturnya aku suka, juga karna aku punya spaghetti rada banyak dirumah, dan belum kumasak sama skali, takutnya jadi rusak nantinya. Ini dia resepnya , mudah dan cepet banget bikinnya :

Bahan :
  • 200gr spaghetti, rebus hingga matang beri sedikit minyak, angkat dan tiriskan ( bisa juga menggunakan mie hokkian )
  • 1 batang daun seledri iris halus
  • 1 batang daun bawang iris halus
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 siung bawang merah, haluskan
  • 5 sdm saus cabai , atau sesuai selera
  • 2 sdm kecap manis, atau sesuai selera
  • 2 sdt gula, atau sesuai selera
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
  • garam secukupnya
  • 500 ml air kaldu ayam (atau sesuai selera), pada saat merebus kaldu, bumbui 1 buah bawang putih digeprek, 2 cm jahe digeprek, dan 1 batang serai digeprek.
Bahan saus ayam :
  • 250 gr dada ayam, ambil dagingnya saja, direbus dan dipotong kecil kecil
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 3 sdm saus cabai
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • garam secukupnya
  • air kaldu secukupnya ( ambil dari air 500 ml air kaldu diatas)

Cara pembuatan :
  1. Saus ayam : masukkan semua bahan termasuk air kaldu, masak hingga bumbu meresap pada ayam dan air kaldu mengental.
  2. Tumis bawang merah putih hingga harum, tambahkan air kaldu.
  3. Masukkan saus cabai, kecap, kaldu bubuk, lada, gula, dan garam. Masak hingga kaldu meletup letup dan masukan mie.
  4. Tunggu hingga air kaldu menyusut dan bumbu meresap kedalam mie. Angkat kemudian sajikan  dengan saus ayam dan taburi dengan daun bawang dan seledri.

Mie ini memang minim isian ya?? tapi rasanya enaakkkk, sekilas mirip ya sama spaghetti seperti pada umunya, tapi ini beda kok rasanyapun beda, dia lebih segar karna kuahnya yang ringan tidak kental apalagi creammy. 




0 komentar:

Posting Komentar