"no one is born a great cook, one learns by doing"

Minggu, 11 Januari 2015

Tumis Sawi dan Sosis , Masakan Praktis Untuk Mereka Yang Tidak Punya Banyak Waktu Didapur



horayyyy ahirnya bisa posting masakan lagi meskipun hanya sekedar tumis tumisan, hehehehe....., Weekend ini aku sempatkan masak deh, mumpung libur dan bisa masak sebentar sebelum memanjakan diri dengan tidur, hehehehe...., masakan aku sederhana aja, cuma tumis sayur dan tumis sosis, maklum semenjak bekerja di Jakarta aku kurang ada waktu memasak, dan lagi aku juga jadi anak kos nih, dengan segala keterbatasan peralatan dan tempat. Untungnya dikos aku ada dapur yang memadai, meskipun nggak selengkap dirumah tentunya. Kalau dulu jaman aku masih tinggal di Solo meskipun tinggal terpisah dari orang tua, aku dan adikku masih bisa memasak dengan leluasa, karena peralatan memasak dan bakingnya tergolong lengkap. Sekarang di Jakarta kami bener bener ngerasain yang namanya hidup jadi anak kos deh, hehehe...., Ok mungkin beberapa waktu kedepan aku akan share deh resep resep ajaib ala anak kos, hahahahaha...., kenapa ajaib? karena biasanya serba praktis dan serba terbatas, tapi dengan rasa yang tetap istimewa tentunya.



kesulitan dan hambatan nggak cuma di masaknya aja loh, tapi juga properti foto dan kualitas fotonya jadi kurang bagus, pokoknya serba susah deh, tapi saking semangatnya posting, tetap aku paksain deh buat posting kali ini, karena udah ada beberapa temen FB aku yang kebetulan pembaca blogku juga nanyain kapan aku mulai posting lagi. Masakan aku kali ini ada dua macam, yang satu tumis janten sosis dan yang satunya lagi tumis sawi putih. Sebenernya resepnya biasa aja kok, ini dia resepnya :

Bahan :

  • 4 Batang Sosis Sapi, potong potong
  • 10 buah janten (jagung muda), potong korek api
  • 4 buah cabe hijau besar, potong tipis
  • 4 buah cabe merah besar, potong tipis
  • 2 buah cabe rawit merah, potong tipis
  • 1 ruas lengkuas, potong sekitar 1 cm dan memarkan
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm saos tiram
  • 3 sdm kecap manis , atau sesuai selera
  • 1 sdt gula jawa yang sudah disisir halus
  • air, lada dan garam secukupnya.
Cara Memasak :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih berikut lengkuas dan daun salam sampai harum, masukkan sosis dan masak sampai sosis mengembang dan setengah matang, kemudian masukan cabai dan janten.
  2. Tambahkan sedikit air, dan masukkan semua bumbu seperti saos tiram, kecap manis, gula jawa, serta lada dan garam, masak sebentas aja, lalu angkat dan sajikan. Memasak ini cuma sekitar 7 menitan saja loh, kemarin masak 2 jenis tumisan ini aku cuma butuh waktu 15 menit saja, cepet banget kan?? mungkin karena bumbu bumbunya sama jadi cepet x yaa....


Masakan kedua nih ceritanya ada reques dari mybo nih, dia suka sekali sawi pitih yang ditumis gini, resepnya nyaris sama persis sama tumis yang diatas yaa, cuma bahan dasarnya aja yang sedikit beda. 


Bahan :

  • 1 buah sawi putih ukuran sedang, potong potong
  • 1/2 papan tempe, potong korek api dan digoreng
  • 4 buah cabe hijau besar, potong tipis
  • 4 buah cabe merah besar, potong tipis
  • 2 buah cabe rawit merah, potong tipis
  • 1 ruas lengkuas, potong sekitar 1 cm dan memarkan
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm saos tiram
  • 3 sdm kecap manis , atau sesuai selera
  • 1 sdt gula jawa yang sudah disisir halus
  • lada dan garam secukupnya.
Cara Memasak :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih berikut lengkuas dan daun salam sampai harum, kemudian masukan cabai dan sawi.
  2. Masukkan semua bumbu seperti saos tiram, kecap manis, gula jawa, serta lada dan garam, masak sebentar aja, lalu angkat dan sajikan. Untuk sawi putih nggak perlu ditambahkan air karena saat proses memasak sawi akan mengeluarkan air dengan sendirinya.


Sebenernya sesederhana apapun masakannya, semurah apapun bahannya, semudah apapun memasaknya, kalau kita masak dengan hati dan dengan cara yang benar, masakannya akan enak kok. Jadi meskipun anak kos, tetap bisa memasak yang enak, nggak cuma mie instan melulu, hehehehehe...














2 komentar:

Marchella Winata mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Abdullah Yatmono mengatakan...

makasih banyak mba resepnya...
resep bakso

Posting Komentar